Daily Archives: Juni 29, 2024

Pastikan PSU Berjalan Aman Dan Lancar, Wakapolda Kalbar Beserta 3 Pejabat Utama Polda Patroli Udara Di Wilayah Kabupaten Sintang

Sintang, Polda Kalbar – Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.IK.,M.Si., bersama 3 Pejabat Utama Polda Kalbar yang terdiri dari Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol M. Noor Subchan, S.IK., M.H., Dir Intelkam Polda Kalbar Kombes Pol Enggar Brotoseno , S.IK., M.Si., dan Komandan Satuan Brimob Polda Kalbar Kombes Pol M. Guntur, S.IK., M.H., melaksanakan patroli udara memantau situasi pelaksanaan PSU di 2 Tps di wilayah Kabupaten Sintang, sabtu (29/6).

Kepada awak media Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.IK., M.Si, melalui Kabidhumas polda Kalbar menjelaskan bahwa pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Wilayah Kabupaten Sintang dilaksanakan di 2 TPS yang berada di 2 Kecamatan.

“Pelaksanaan pemungutan suara ulang dilaksanakan di TPS 02 Dusun Teluk Tengadak Kecamatan Serawai dan TPS 02 Desa Deme Kecamatan Ambalau Kabupaten Sintang”, Kata Kabidhumas.

Kabidhumas juga menjelaskan bahwa demi kelancaran pelaksanaan PSU di kedua TPS tersebut Polda Kalbar membackup Polres Sintang dengan menurunkan 60 personel Satbrimob Polda Kalbar untuk melaksanakan pengamanan di 2 Kecamatan tersebut.

“Total Pengamanan di 2 Kecamatan tersebut adalah 157 personel yang terbagi di dua kecamatan yaitu kecamatan Serawai sebanyak 78 personel dan Kecamatan Ambalau Sebanyak 79 Personel yang merupakan gabungan personel dari Satbrimobda Polda Kalbar dan Polres Sintang”, jelasnya.

Selain itu Kabidhumas polda Kalbar juga meneruskan informasi situasi terakhir pelaksanaan PSU bahwa sampai dengan pukul 18.00 wib laporan situasi pelaksanaan baru dari Kecamatan Serawai yang telah melaksanakan PSU di TPS 02 Dusun Teluk Tengadak Desa Nanga Tekungai dimulai dari jam 08.00 Wib s/d 13.00 wib, dan selesai kegiatan perhitungan suara pada pukul 14.30 Wib dalam keadaan aman dan tertib.

“Laporan Situasi Keamanan yang kami terima baru dari Polsek Seruai, sedangkan dari Polsek Ambalau masih belum masuk, hal ini dikarenakan jarak TPS dari Polsek Ambalau sekitar 10 Jam yang ditumpuh melalui jalur air sekitar 5 jam dan jalur darat berjalan kaki 5 jam, sedangkan dari TPS 02 Desa Deme dan selama perjalanan tidak ada signal dan kemungkinan besok baru ada Laporannya” imbuhnya.

“Sementara yang dapat kami sampaikan kepada rekan-rekan awak media adalah pelaksanaan di TPS 02 Dusun Teluk Tengadak Desa Nanga Tekungai Kecamatan Serawai yang berjalan aman dan terkendali, sedangkan terkait hasil perolehan suara kami tidak bisa menyampaikannya karena itu ranah penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU, untuk selanjutnya perkembangan situasi pelaksanaan di TPS 02 desa Deme kita tunggu laporan dari Polsek Ambalau Besok pagi”, Tutupnya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Patroli Polsek Singkawang Barat Antisipasi Gangguan Kamtibmas dan 4C

Singkawang, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, Polsek Singkawang Barat melaksanakan patroli dengan menggunakan kendaraan roda empat (R4) Barat 6.1A. Patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan kejahatan 4C di wilayah hukum Polsek Singkawang Barat, Kota Singkawang.

Patroli dilaksanakan pada Hari Jum’at, 28 Juni 2024, mulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIB. Rute patroli mencakup daerah-daerah rawan di wilayah Singkawang Barat, termasuk SPBU, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat ibadah yang sering menjadi sasaran tindak pidana.

Iptu Subagya Pamungkas bersama anggotanya memimpin patroli ini. Mereka menyampaikan himbauan Kamtibmas kepada warga untuk tetap waspada dan melaporkan segala bentuk aktivitas mencurigakan. Kegiatan patroli ini juga bertujuan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas, kemacetan, dan berbagai tindak pidana lainnya.

Kapolsek Singkawang Barat, Kompol Abdul Mutholib, melalui Iptu Subagya Pamungkas, menyatakan bahwa patroli rutin ini dilaksanakan guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Singkawang Barat. “Kami berkomitmen untuk terus melakukan patroli dan himbauan kepada masyarakat agar tercipta rasa aman dan nyaman di lingkungan sekitar,” ujar Iptu Subagya Pamungkas.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Upacara Ziarah Rombongan Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di Taman Makam Pahlawan Bambu Runcing Singkawang

Singkawang – Polda Kal-Bar – Polres Singkawang – Polsek Skw Tengah, Pada hari Sabtu, tanggal 29 Juni 2024, sekira pukul 08.00 WIB, di Jl. Pahlawan Kelurahan Roban Kecamatan Singkawang Tengah Kota Singkawang, telah dilaksanakan Upacara Ziarah Rombongan Peringatan Hari Bhayangkara ke-78. Acara ini dipimpin oleh Kapolres Singkawang, AKBP Fatchur Rochman, S.I.K, M.I.K sebagai Ketua Rombongan, dan Kapolsek Singkawang Tengah, AKP Jawawi sebagai Perwira Upacara.

Kapolsek Skw Tengah AKP Jawawi menuturkan Upacara dihadiri oleh para Pejabat Utama Polres Singkawang, satu pleton gabungan perwira Polres Singkawang dan Yon B Pelopor Sat Brimob Singkawang, satu pleton Yon B Pelopor Sat Brimob Singkawang, satu pleton Dalmas Sabhara Polres Singkawang, satu pleton Sat Lantas Polres Singkawang, serta Pengurus Bhayangkari Cabang Singkawang.

Susunan acara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Ketua Ziarah Rombongan. Kemudian, dilakukan mengheningkan cipta sebagai tanda penghormatan yang mendalam kepada para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara.

Setelah itu, Ketua Ziarah Rombongan, AKBP Fatchur Rochman, meletakkan karangan bunga di tugu pahlawan. Tindakan ini sebagai simbol penghargaan dan penghormatan yang tinggi kepada jasa-jasa para pahlawan. Penghormatan terakhir pun dipimpin oleh Ketua Ziarah Rombongan sebelum upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Pembacaan doa dilakukan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar arwah para pahlawan diterima di sisi-Nya dan mendapatkan tempat yang terbaik. Acara ini juga diharapkan dapat memberikan semangat dan inspirasi kepada para anggota Polri untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Selanjutnya, dilakukan penaburan bunga di pusara-pusara pahlawan oleh Ketua Ziarah Rombongan yang diikuti oleh PJU dan perwira Polres Singkawang. Penaburan bunga ini melambangkan rasa hormat dan terima kasih atas pengorbanan yang telah diberikan oleh para pahlawan.

Acara ziarah ditutup dengan Ketua Ziarah Rombongan dan peserta ziarah meninggalkan tempat upacara. Upacara ziarah ini menjadi momen penting dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-78, sebagai bentuk penghormatan dan pengingat akan jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan keamanan negara.

Peringatan ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh anggota Polri untuk selalu memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Singkawang.

Penulis : Humas Polsek Singkawang Tengah 78.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Gelar Doa Bersama Lintas Agama Sambut HUT ke-78 Bhayangkara, Kapolri: Semoga Tugas Polri Diberi Kelancaran

Jakarta – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam menyambut HUT ke-78 Bhayangkara menggelar doa bersama lintas agama di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jumat (28/6/2024) malam. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap dengan doa dari para tokoh enam agama ini, perjalanan Polri dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya kedepan dapat dimudahkan.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini tentunya di usia yang ke-78 ini kita memanjatkan doa bersama agar kami semua, institusi Polri dan tentu juga jajaran keluarga besar Polri di usia yang ke-78 ini menghadapi berbagai macam tatangan tugas ke depan,” kata Jenderal Sigit usai acara.

“Tentunya kita ingin bahwa seluruh tugas yang kita laksanakan bisa berjalan dengan aman, dengan lancar dan dengan baik. Khususnya di dalam melaksanakan tugas pokok kami, baik di bidang harkamtibmas, di bidang penegakan hukum, di bidang pelayanan, pelindungan, dan pengayoman kepada masyarakat,” lanjutnya.

Kapolri pun mengakui bahwa saat ini masih banyak kekurangan dan masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki. Untuk itu, dengan doa Bersama lintas agama yang dihadiri oleh 3.000 orang terdiri dari Polri, TNI, tokoh-tokoh agama, organisasi kepemudaan dan organisasi kemahasiswaan, Polri kedepan bisa lebih baik lagi dalam hal melayani masyarakat.

“Apa yang menjadi harapan masyarakat dan tentunya kita berdoa agar kita semua bisa menjaga, mengawal, mengantarkan Indonesia ini menuju Indonesia emas di tahun 2045,” tandas Jenderal Sigit.

Untuk diketahui dalam acara doa bersama lintas agama menyambut Hari Bhayangkara ke-78, selain pejabat Utama (PJU) Mabes Polri, turut hadir Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla serta dihadiri juga oleh Habib Luthfi bin Yahya. Sebelum dilakukan doa bersama, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Iskandar memberikan ceramah kebangsaan. Dan kemudian dilakukan doa lintas agama dari enam agama yang diakui di Indonesia yakni Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Kapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 31 Pati Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin pelaksanaan upacara kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) Polri. Upacara digelar di Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, total ada 31 pati Polri yang mengikuti upacara kenaikan pangkat.

Berdasarkan surat telegram nomor STR/1768/VI/KEP/2024, ada 26 pati Polri yang pangkatnya naik. Lalu berdasarkan surat telegram nomor STR/1686/VI/KEP/2024 ada 5 pati Polri yang naik pangkat.

“Kapolri memimpin upacara pelaksanaan kenaikan pangkat ke dan dalam Pati Polri dan PNS Polri pada hari ini di Rupattama Mabes Polri,” kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/6/2024).

Diantaranya yakni Komjen Agung Setya Imam Effendi yang kini menempati jabatan pati Bareskrim Polri untuk penugasan pada BIN.

Lalu ada Komjen Pol Syahardiantono yang kini menempati jabatan Kabaintelkam. Selanjutnya ada Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto yang mengisi jabatan Kapolda Sumatera Utara dan Irjen Pol Suyudi Ario Seto sebagai Kapolda Banten.

Berikut 31 daftar pati Polri yang mengikuti upacara kenaikan pangkat:

  1. Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Jabatan Pati Bareskrim Polri (Penugasan pada BIN)
  2. Komjen Pol Syahardiantono, Jabatan Kabaintelkam Polri
  3. Irjen Pol Atang Heradi, Jabatan Widyaiswara Utama Kepolisian Tk. I Sespim Lemdiklat Polri
  4. Irjen Pol Chuzani Patoppoi, Jabatan Widyaiswara Kepolisian Utama Kepolisian Utama Tk.I Sespim Lemdiklat Polri
  5. Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, Jabatan Kapolda Sumut
  6. Irjen Pol Suyudi Ario Seto, Jabatan Kapolda Banten
  7. Brigjen Pol Marwan Syukur, Jabatan Perancang Peraturan Kepolisian Utama Tk.II Divkum Polri
  8. Brigjen Pol Heny Sulistiya Arianta, Jabatan Pati Lemdiklat Polri (Penugasan pada Wantannas)
  9. Brigjen Pol Bambang Sentot Widodo, Jabatan Kasespimmen Sespim Lemdiklat Polri
  10. Brigjen Pol Supriyadi, Jabatan Kasespimti Sespim Lemdiklat Polri
  11. Brigjen Pol Anthony Agustinus Koylal, Jabatan Widyaiswara Kepolisian Utama Tk.II Sespim Lemdiklat Polri
  12. Brigjen Pol dr. Yusuf Mawadi, Jabatan Sespusdokkes Polri
  13. Brigjen Pol Imam Thobroni, Jabatan Widyaswara Utama Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri
  14. Brigjen Pol Agus Prianto, Jabatan Analis Intelijen Kepolisian Utama Tk. II Baintelkam Polri
  15. Brigjen Pol Onny Trimurti Nugroho, Jabatan Analis dan Advokasi Hukum Kepolisian Utama Tk. II Divkum Polri
  16. Brigjen Pol Ricky Naldo Chairul, Jabatan Waketbinminwa STIK Lemdiklat Polri
  17. Brigjen Pol Budi Hermawan, Jabatan Widyaswara Utama Kepolisian Tk. II Sespim Lemdiklat Polri
  18. Brigjen Pol Totok Suharyanto, Jabatan Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri
  19. Brigjen Pol dr. I Gusti Gede Maha Andika Jaya, Jabatan Karokespol Pusdokkes Polri
  20. Brigjen Pol Harry Kurniawan, Jabatan Auditor Sispamobvitnas Utama Tk. II Baharkam Polri
  21. Brigjen Pol Hengki, Jabatan Wakapolda Banten
  22. Brigjen Pol Faizal Ramadhani, Jabatan Widyaswara Utama Kepolisian Tk. II Sespim Lemdiklat Polri
  23. Brigjen Pol Daddy Hartadi, Jabatan Agen Intelijen Kepolisian Utama Tk. II Baintelkam Polri
  24. Brigjen Pol Dr. dr. Sumy Hastry Purwanti, Jabatan Tenaga Dokkes Investigasi Kepolisian Utama Tk. II Pusdokkes Polri
  25. Brigjen Pol Arief Prapto Santoso, Jabatan Widyaswara Utama Kepolisian Tk. II Sespim Lemdiklat Polri
  26. Brigjen Pol Yusran Cahyo, Jabatan Karojianbang Lemdiklat Polri
  27. Irjen Pol Winston Tommy Watuliu, Jabatan Pati Baintelkam Polri (Penugasan Pada BIN)
  28. Irjen Pol H. Nazirwan Adji Wibowo, Jabatan Pati Sahli Polri (Penugasan Pada Wantannas)
  29. Irjen Pol Rizal Iriawan, Jabatan Pati Baintelkam Polri (Penugasan Pada BIN)
  30. Brigjen Pol Fransiscus Barung Mangera, Jabatan Pati Lemdiklat Polri (Penugasan Pada Otorita Ibu Kota Nusantara)
  31. Brigjen Pol Amazona Pelamonia, Jabatan Pati Baintelkam Polri (Penugasan Pada BIN)
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Diikuti Ratusan Peserta, Polres Mempawah Sukses Gelar Bhayangkara Fun Run 2024

Mempawah, Polda Kalbar – Ratusan pelari dewasa dan pelajar se-Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, mengikuti Bhayangkara Fun Run 5 kilometer yang digelar Polres Mempawah, Polda Kalbar, Sabtu (29/6/2024).

Peserta lomba lari memperingati Hari Bhayangkara ke-78 yang mengambil start dan finish di depan Mapolres Mempawah, Jalan Raden Kusno, dilepas Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono.

Hadir Penjabat (Pj) Sekda Mempawah Juli Suryadi, Dandim 1201 Mempawah Letkol Inf Benu Supriyantoko, Ketua KONI Mempawah Wendri Fachrizal, komandan batalyon TNI, serta Sekretaris Disdikporapar Mempawah Reno Prawira.

Kapolres mengatakan Fun Run dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 dilaksanakan sebagai upaya Polri ikut menumbuhkan kecintaan masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh melalui olahraga.

“Terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Mempawah yang begitu antusias mendukung dengan menjadi peserta Fun Run dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-78,” katanya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan dilaksanakan Fun Run ini dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi dan sinergitas antara TNI-Polri, serta masyarakat Kabupaten Mempawah.

“Kegiatan ini sejatinya bertujuan untuk lebih mendekatkan lagi Polri dengan masyarakat. Semoga dengan Fun Run ini kita semakin solid dan terwujud situasi kamtibmas yang kondusif,” ucapnya.

Terakhir, Kapolres menyampaikan ucapan terima kasih kepada KONI Mempawah, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), PT BAI, PT Antam, BRI dan sponsorship lainnya, atas dukungan terhadap penyelenggaraan Fun Run Hari Bhayangkara ke-78.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Polwan Dokter Forensik Sumy Hastry Purwanti Naik Pangkat Brigjen

JAKARTA—Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) Polri di Rupatama Mabes Polri, Sabtu (29/6).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, total ada 31 pati Polri yang mengikuti upacara kenaikan pangkat.

Kenaikan pangkat 31 personel itu berdasarkan surat telegram nomor STR/1768/VI/KEP/2024, dan telegram nomor STR/1686/VI/KEP/2024.

Salah satu dari 31 personel yang naik pangkat ialah Kombes Dr. dr. Sumy Hastry Purwanti, D.F.M.,Sp.F.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan bertambahnya Polwan yang menjadi jenderal adalah bukti keseriusan Polri, baik kontribusi maupun komitmen dalam mendukung keadilan dan kesetaraan gender di lingkungan Kepolisian.

“Yakni mendukung penuh dan berkomitmen dalam memberikan kesempatan kepada Polisi Wanita (Polwan) untuk menduduki jabatan strategis dilingkup Kepolisian,” kata Irjen Dedi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (29/6).

Sumy Hastry Purwanti merupakan ahli forensik wanita di Indonesia yang telah berkiprah hingga internasional.

Polwan ini membuat layanan Forensik Klinik (Forklin) secara khusus demikeberpihakan kepada korban kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak.

Saat menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, dr Hastry membuat ruang khusus untuk penanganan penyidikan hingga pendampingan kesehatan korban.

Hal ini bertujuan agar perempuan dan anak yang menjadi korban mendapatkan haknya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Tingkatkan Sinergitas dan Solidaritas antar Kesatuan TNI-Polri, Polda Kalbar Laksanakan Olahraga Bersama Dalam Rangka Memperingati Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024

Pontianak – Polda Kalbar, Dalam upaya menjalin kebersamaan dan tingkatkan Sinergitas antar kesatuan TNI-Polri di wilayah Kalimantan Barat, Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto,S.I.K.,M.H, Didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Kalbar, Waka Polda Kalbar dan PJU Polda Kalbar melaksanakan Olahraga bersama TNI-Polri Dalam Rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024. Jum’at(28/06)

Kegiatan olahraga bersama yang dipusatkan di lingkungan GOR Terpadu A.Yani Pontianak tersebut dihadiri Pj. Gubernur Kalbar dr. Harrison, M.Kes., Forkopimda provinsi Kalbar, para Komandan Kesatuan semua Matra TNI ( AD, AL, dan matra AU) serta gabungan personil TNI- Polri yang ada di provinsi Kalimantan Barat.

Dalam pelaksanaan semarak olahraga bersama TNI-Polri tersebut juga dilaksanakan beberapa kegiatan hiburan dan yang menarik dan ditunggu tunggu oleh peserta adalah momen penarikan Undian doorprize krn panitia telah menyediakan berbagai macam doorprize yang diaantaranya adalah 5 unit sepeda motor.

Bertepatan dengan momentum Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 ini , jajaran Polda Kalbar telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan seremonial guna memeriahkan perjalanan panjang selama 78 Tahun Institusi Kepolisian salah satunya pada hari ini dilaksanakan kegiatan berupa semarak olahraga bersama TNI-Polri di wilayah Kalimantan Barat.

Kapolda Kalbar dalam sambutannya menyampaikan bahwa olahraga bersama ini merupakan wujud nyata untuk memupuk rasa solidaritas dan sinergitas TNI-Polri dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan tugas yang menanti kedepan.

“Perlu diketahui bersama bahwa selama berdirinya republik ini, jajaran TNI/Polri selalu berjalan berdampingan dan bahu membahu dalam menjaga keamanan serta kedaulatan Bumi Pertiwi”, kata Kapolda Kalbar.

Menurutnya, selama perjalanan panjang tersebut pastinya terdapat beragam dinamika dan riak-riak yang terjadi selama pelaksanaan tugas, namun demikian semua itu memiliki tujuan yang sama yaitu untuk terwujudnya persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia.

“Kita harus menyadari, bahwa keamanan dalam negeri akan terwujud, apabila pertahanan negara dapat terjaga dengan baik, begitu pentingnya sinergi antara TNI dan Polri, berdasarkan instruksi Bapak Presiden Jokowi dalam Rapim TNI/Polri tahun ini bahwa sinergi TNI/Polri harus dilakukan secara horizontal antar kesatuan dan vertikal, dari atas sampai bawah, hilangkan ego sektoral, sekat dan pandangan-pandangan sempit, semuanya harus untuk bangsa dan negara.” ungkap Kapolda Kalbar

Ia juga berharap bahwa dengan dilaksanakan olahraga bersama ini, TNI/Polri dapat selalu menjaga keharmonisan, saling bekerjasama dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan yang selama ini menjadi modal utama menuju visi indonesia emas Tahun 2045.

“Atas nama keluarga besar Polda Kalbar, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran TNI/Polri atas komitmennya dalam pelaksanaan tugas selama ini, termasuk terlaksananya Pemilu 2024 yang dapat berjalan aman dan damai, yang akan disusul dengan tahapan Pilkada serentak untuk kita lalui bersama”, tutup Irjen Pol Pipit Rismanto.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Doa Bersama Lintas Agama Peringati Hari Bhayangkara ke-78 di Polres Singkawang

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Pada Jumat malam (28/6/2024) sekitar pukul 19.00 WIB, bertempat di Aula SAR Polres Singkawang, dilaksanakan kegiatan Doa Bersama Lintas Agama dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 secara virtual melalui Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan oleh Mabes Polri dan diikuti oleh Polres Singkawang Polda Kalbar dengan penuh khidmat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Singkawang yang diwakili oleh Wakapolres Singkawang, KOMPOL Tri Prasetiyo, S.I.K, M.H., para Pejabat Utama (PJU) Polres Singkawang, para Kapolsek Jajaran Polres Singkawang, Forkopimda Kota Singkawang, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Singkawang, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Singkawang beserta pengurus, serta para personel Polres Singkawang.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, Kompol Asih Insani, diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh dirijen Puteri Rinjani. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan selayang pandang serta sambutan dari ketua panitia, Brigadir Jenderal Polisi Anwar, S.I.K., M.Si. Ceramah kebangsaan disampaikan oleh K.H. Anwar Iskandar, yang memberikan wawasan dan pencerahan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Puncak acara adalah doa bersama lintas agama yang dipimpin oleh perwakilan dari masing-masing kepercayaan, mencerminkan semangat toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Setelah itu, dilanjutkan dengan penganugerahan juara lomba bidang keagamaan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dan dedikasi dalam bidang keagamaan.

Acara ditutup dengan penuh rasa syukur dan harapan agar Polri terus dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya memperingati Hari Bhayangkara, tetapi juga memperkuat kebersamaan dan solidaritas antar seluruh elemen masyarakat.

Penulis: Humas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Kapolres Singkawang Pimpin Upacara Ziarah Rombongan Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di TMP Bambu Runcing Singkawang

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Telah dilaksanakan kegiatan Ziarah Rombongan dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Bambu Runcing Singkawang. Acara ini berlangsung di Jl. Pahlawan, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah Kota Singkawang, Sabtu (29/6/2024).

Kapolres Singkawang, AKBP Fatchur Rochman, S.I.K, M.I.K, bertindak sebagai Ketua Rombongan, sedangkan Kapolsek Singkawang Tengah, AKP Jawawi, berperan sebagai Perwira Upacara, Upacara ini diikuti oleh berbagai kesatuan, termasuk para Pejabat Utama (PJU) Polres Singkawang, pleton gabungan Perwira Polres Singkawang dan Yon B Pelopor Sat Brimob Singkawang, serta pleton Dalmas Sabhara dan Sat Lantas Polres Singkawang. Pengurus Bhayangkari Cabang Singkawang juga turut hadir dalam acara tersebut.

Rangkaian acara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Ketua Ziarah Rombongan. Selanjutnya, seluruh peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Peletakan karangan bunga dilakukan oleh Ketua Ziarah Rombongan sebagai simbol penghormatan dan penghargaan. Upacara kemudian dilanjutkan dengan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan.

Doa bersama dipanjatkan sebagai bagian dari upacara untuk memohon rahmat bagi para pahlawan yang telah gugur. Setelah itu, Ketua Ziarah Rombongan, diikuti oleh PJU dan perwira Polres Singkawang, menaburkan bunga di pusara-pusara para pahlawan. Momen ini menjadi simbol penghormatan dan penghargaan yang mendalam bagi mereka yang telah berjuang demi bangsa dan negara.

Acara ditutup dengan penandatanganan buku tamu oleh Ketua Ziarah Rombongan. Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan yang tulus kepada para pahlawan. Dengan penuh khidmat, seluruh peserta mengikuti upacara hingga selesai, menandai peringatan Hari Bhayangkara ke-78 dengan rasa bangga dan hormat.

Kapolres Singkawang, AKBP Fatchur Rochman, S.I.K, M.I.K, menuturkan bahwa upacara ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Beliau menekankan pentingnya mengenang jasa-jasa para pahlawan sebagai teladan bagi generasi muda dalam menjaga keutuhan dan keamanan negara.

Kapolres Singkawang juga menyampaikan bahwa semangat perjuangan para pahlawan harus terus hidup dalam setiap langkah anggota Polri. “Dengan meneladani semangat juang para pahlawan, kita dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan lebih baik untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” Tuturnya.

Beliau berharap kegiatan ziarah ini dapat mempererat rasa kebersamaan dan kekompakan antara anggota Polri serta masyarakat dalam membangun bangsa yang lebih baik. Kapolres juga mengajak seluruh peserta untuk terus meningkatkan profesionalisme dan dedikasi dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

Selain itu, Kapolres Singkawang mengingatkan pentingnya menjaga nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pahlawan. “Nilai-nilai seperti keberanian, kejujuran, dan pengabdian kepada negara harus selalu kita pegang teguh dalam kehidupan sehari-hari,” Pungkasnya

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.