Daily Archives: Juni 8, 2024

Kapolsek Singkawang Selatan Bantu Masyarakat Untuk Pengurusan Tanah Wakaf Masjid Nurul Yaqin

SINGKAWANG Polda Kalbar- Polres Singkawang, Kapolsek Singkawang Selatan, AKP R. M. Walidu, S.H., bersama anggotanya menggelar kegiatan penting untuk membantu pengurusan status tanah wakaf dari Masjid Nurul Yaqin di Jalan Sagatani Satime RT.004 RW.002, Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Sabtu (8/6/2024).

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kanit Samapta Polsek Singkawang Selatan IPTU Dedi Kusnadi, Kanit Binmas Polsek Singkawang IPTU Mardiono, P.S. Kanit Intelkam Polsek Singkawang AIPDA Urai Agus Gunawan, S.E., P.S. Kanit Propam Polsek Singkawang Selatan AIPTU Irmanudin, serta Bhabinkamtibmas dan anggota Polsek Singkawang Selatan, Ketua Masjid Nurul Yaqin, Pak Joko, Tokoh masyarakat Sdr. Sutardjo, dan empat petugas ukur tanah dari Kantor Pertanahan (Kantah) ATR Kota Singkawang juga ikut serta dalam kegiatan ini.

Kapolres Singkawang Melalui Kapolsek Singkawang Selatan AKP R. M. Walidu, S.H. menuturkan, “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari keluhan yang disampaikan masyarakat pada acara Tali Asih yang diadakan pada Jumat, 7 Juni 2024. Ketua Masjid Nurul Yaqin, Pak Joko, menyampaikan bahwa selama ini mereka mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pengurusan status tanah wakaf, Keluhan ini segera kami ditindak lanjuti yang kemudian mengoordinasikan langkah-langkah untuk membantu penyelesaiannya, Tuturnya

Pada hari tersebut, tim pengukur tanah dari Kantah/ATR Kota Singkawang melakukan pengukuran tanah masjid yang didampingi oleh Kapolsek dan anggota Polsek Singkawang Selatan. Selain itu, berbagai dokumen pendukung seperti Surat Keterangan Tanah (SKT) diserahkan kepada Kapolsek untuk melengkapi administrasi yang dibutuhkan, Hal ini merupakan langkah awal untuk pengurusan permohonan sertifikat wakaf tanah kepada Kantah/ATR Kota Singkawang.

Kegiatan ini berjalan dengan aman dan tertib, serta menunjukkan komitmen Kapolsek Singkawang Selatan beserta anggotanya dalam membantu masyarakat menyelesaikan masalah administrasi tanah wakaf. Dengan adanya dukungan dari pihak kepolisian, diharapkan proses pengurusan sertifikat wakaf tanah Masjid Nurul Yaqin dapat segera selesai dan memberikan kepastian hukum bagi masyarakat setempat.

Penulis Humas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Babinkamtibmas Hadir Dalam Pemasangan Septik Tank PVC Triple di Bantaran Sungai Kelurahan Setapuk oleh Dosen dan Mahasiswa Jurusan Kesling Poltekes Kemenkes Pontianak

Singkawang, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat, Aiptu Agus Harianto Babinkamtibmas Kelurahan Setapuk Besar dari Kepolisian Sektor Singkawang Utara turut hadir dalam pemasangan septik tank. Bersama dengan dosen dan mahasiswa jurusan Kesling Poltekes Kemenkes Pontianak, mereka memasang septik tank PVC Triple Tank dan septic tank drum plastik di bantaran sungai Kelurahan Setapuk Besar. Sabtu (8/6/2024)

Pemasangan septik tank ini merupakan langkah konkret dalam upaya pencegahan pencemaran lingkungan, terutama di sekitar sungai yang rentan terhadap pencemaran limbah domestik. Dengan adanya sistem septik tank yang baik, diharapkan dapat mengurangi risiko pencemaran air sungai dan meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar.

Dosen dan mahasiswa jurusan Kesling Poltekes Kemenkes Pontianak tidak hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga turun langsung ke lapangan untuk melakukan tindakan nyata. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini, mereka mengimplementasikan ilmu yang dimiliki untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat secara langsung.

Kapolsek Singkawang Utara Akp Parnadi, S.H., memberikan apresiasi terhadap kehadiran Aiptu Agus Harianto Babinkamtibmas Kelurahan Setapuk Besar yang ikut hadir dalam pemasangan septic tank di bantaran sungai Kelurahan Setapuk Besar sebagai sebuah inisiatif yang sangat positif. Menurutnya, kehadiran Babinkamtibmas tidak hanya menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat, tetapi juga memperkuat sinergi antara kepolisian, akademisi, dan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Dia mengapresiasi pengabdian dosen dan mahasiswa jurusan Kesling Poltekes Kemenkes Pontianak yang turun langsung ke lapangan untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Kapolsek juga menyatakan harapannya bahwa kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh bagi komunitas lainnya untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesehatan masyarakat secara bersama-sama.

Kerjasama antara kepolisian, perguruan tinggi, dan masyarakat merupakan model yang baik dalam memperkuat sinergi dalam menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat. Dengan adanya kolaborasi seperti ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman untuk ditinggali.

Selain pemasangan septik tank, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat. Dengan melihat contoh nyata dan mendapat pemahaman lebih dalam tentang pentingnya menjaga lingkungan, diharapkan masyarakat akan lebih peduli dan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar mereka.

Penulis : Humas Polres Singkawang.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Bhabinkamtibmas Sambang Duka Atas Meninggalnya Warga Kelurahan Setapuk Besar Singkawang Utara

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Bhabinkamtibmas Kelurahan Setapuk Besar Polsek Singkawang Utara, Aiptu Agus Harianto, melaksanakan sambang duka di kediaman bapak Suruadi Jalan Ma’had Usman Rt. 07/Rw. 03 Kelurahan Setapuk Besar Singkawang Utara atas meninggalnya Sapie (69), almarhum yang dikenal sebagai sosok yang ramah dan bersahaja, meninggal dunia karena sakit dan akan dimakamkan di Sekok Singkawang Selatan, Sabtu (8/6/2024).

Kedatangan Aiptu Agus Harianto disambut hangat oleh keluarga besar Alm. Sapie Dengan penuh empati, Aiptu Agus Harianto menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas kehilangan yang dialami. Ia juga memberikan dukungan moral kepada keluarga yang ditinggalkan, mengingatkan bahwa kehadiran polisi bukan hanya untuk menjaga keamanan, tetapi juga untuk mendampingi masyarakat di saat-saat sulit seperti ini.

Warga Kelurahan Setapuk Besar memberikan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Bhabinkamtibmas. Banyak yang mengapresiasi langkah tersebut sebagai bentuk kepedulian polisi terhadap masyarakat. Ini bukan pertama kalinya Aiptu Agus Harianto hadir di tengah-tengah warga untuk memperkuat hubungan antara kepolisian dan masyarakat setempat.

Kapolsek Singkawang Utara Akp Parnadi, S.H., menegaskan bahwa salah satu tugas utama Bhabinkamtibmas adalah mendekatkan diri dengan masyarakat, mendengarkan keluhan, dan memberikan dukungan dalam berbagai situasi, termasuk saat menghadapi musibah. “Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk selalu ada di tengah masyarakat, tidak hanya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, tetapi juga dalam memberikan dukungan moral dan emosional,” tambahnya.

Kapolsek juga berharap agar tindakan positif seperti ini dapat terus berlanjut dan menjadi contoh bagi anggota Polri lainnya. “Kami berharap, langkah Aiptu Agus Harianto dapat menjadi inspirasi bagi rekan-rekan Bhabinkamtibmas lainnya untuk selalu hadir dan peduli terhadap warganya. Kami akan terus mendukung dan mendorong setiap upaya yang mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat,” katanya.

Kapolsek Singkawang Utara Akp Parnadi menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam kepada keluarga Alm. Sapie dan berharap agar mereka diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. “Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan. Polri akan selalu siap mendampingi masyarakat dalam setiap keadaan,” tutup Kapolsek.

Penulis : Humas Polres Singkawang.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Kapolres Sekadau: Media Berperan Penting Jaga Kondusivitas Pilkada 2024

SEKADAU, Polda Kalbar – Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, menghadiri dan menjadi narasumber dalam kegiatan Coffee Morning bersama Awak Media Kabupaten Sekadau menjelang Pilkada 2024.

Acara ini berlangsung di Lupung Coffee Sekadau pada Sabtu (8/6/2024). Kegiatan ini diinisiasi oleh Ikatan Wartawan Kabupaten Sekadau (IWAS), yang menggandeng seluruh wartawan dari organisasi IWAS, PWI, dan IWO Sekadau.

Selain Kapolres, acara ini juga dihadiri oleh narasumber lainnya yaitu Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Fransiskus Khoman, dan Ketua Bawaslu Sekadau, Marikun. Kegiatan ini bertujuan untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kabupaten Sekadau.

Dalam paparannya, Kapolres AKBP Nyoman Sudama menyampaikan bahwa masalah keamanan tidak terlepas dari Pemilukada dan Pemilu sebelumnya yang meninggalkan residu-residu politik, terutama terkait dengan isu SARA dan politik uang.

“Dalam rangka pengamanan Pilkada 2024, Polres Sekadau akan menggelar Operasi Mantap Praja. Persiapan operasi ini meliputi menjaga situasi Kamtibmas, pendirian posko operasi, pelatihan pra-operasi, serta penyiapan personel di TPS dan sarana prasarana sesuai dengan tingkat kerawanan,” jelasnya.

Kapolres juga menyampaikan pentingnya peran media dalam menjaga kondusivitas Pilkada. Keberadaan media diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran hoax dan ujaran kebencian, serta menyampaikan informasi secara akurat dan bertanggung jawab.

“Media harus memilih pemberitaan yang menyejukkan, independen, dan mempertimbangkan aspek negatif dan positif dari berita yang disampaikan. Mereka harus memilih sumber dan narasumber yang kredibel serta memiliki pengetahuan yang mendalam terhadap nilai-nilai berita yang disampaikan,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan dialog terkait Pilkada 2024, di mana para peserta saling bertukar pandangan dan strategi untuk menjaga kelancaran pesta demokrasi ini. Kegiatan ini diakhiri dengan deklarasi oleh awak media di Kabupaten Sekadau yang berisi komitmen untuk:

1. Menolak menyebarkan hoax dan ujaran kebencian, serta melakukan verifikasi yang cermat terhadap informasi sebelum disiarkan dengan mengedepankan prinsip etika jurnalistik dan keseimbangan dalam pemberitaan.

2. Memberikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab kepada masyarakat tanpa memihak kepada calon tertentu menjelang Pilkada 2024 di Bumi Lawang Kuari.

3. Menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas jurnalistik serta mendukung Pilkada yang aman dan damai.

4. Bersama-sama menjaga kondusivitas dan persatuan bangsa menjelang Pilkada 2024.

Kapolres mengapresiasi kegiatan Coffee Morning dan deklarasi yang dilakukan oleh awak media di Kabupaten Sekadau. Menurutnya, kegiatan ini merupakan wadah yang efektif untuk memperkuat kerjasama antara aparat keamanan dan media, guna mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan demokratis.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Gagal Menanjak, Truk Kontainer Seruduk Tujuh Motor di Jembatan Kapuas II

TBNEWSPOLRESKUBURAYA.COM, KUBU RAYA – Satuan Lalu Lintas Polres Kubu Raya bersama warga melakukan evakuasi korban dan kendaraan bermotor yang tertabrak truk kontainer setelah mengalami gagal menanjak di Jembatan Kapuas II Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Jumat (7/6) Pukul 12.10 Wib.

Tercatat, ada tujuh kendaraan sepeda motor rusak berat dalam peristiwa itu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas tersebut.

Teriakan histeris warga pun tak terhindarkan, warga yang melewati Jembatan Kapuas II pun berhenti berbondong-bondong menolong korban yang sepeda motornya ditabrak mundur truk kontainer tersebut. Seketika truk kontainer itu pun berhenti karena terganjal dari beberapa motor milik warga yang tertabrak.

Kasat Lantas Polres Kubu Raya, AKP Supriyanto, S.H., M.A.P., melalui Kasubsie Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade menerangkan, mendapatkan laporan dari warga personil Pos Satlantas simpang empat kapur langsung menuju TKP untuk melakukan evakuasi terhadap korban dan kendaraan serta mengurai kemacetan yang sangat panjang (krodit).

” Ada 7 kendaran sepeda motor yang rusak berat dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun ada satu anak sekitar umur 7 tahun mengalami luka ringan dan sudah mendapatkan perawatan medis,”ungkapnya, saat dikonfirmasi.

Ade menerangkan, dihimpun dari pemeriksaan saksi-saksi, peristiwa itu terjadi saat Truk Kontainer bermuatan karet bernomor polisi KB 8664 HC yang dikendarai Untung Simboro (49 tahun) dari arah Kecamatan Sungai Ambawang akan menuju ke arah Pontianak gagal menanjak saat berada di Jembatan Kapuas II. Akibatnya, truk tersebut meluncur mundur tanpa terkendali dan menabrak kendaraan bermotor yang berada tepat di belakangnya.

” Truk Kontainer tersebut dari arah sungai ambawang hendak menuju pontianak, saat di Jembatan Kapuas II truk tersebut gagal menanjak, kemudian truk kontainer berjalan mundur tanpa terkendali dan menabrak kendaraan yang berada di belakangnya,”terang Ade.

” Setelah dilakukannya pengecekan kendaraan tersebut dan pemeriksaan awal terhadap pengemudi, saat truk itu berjalan mundur sopir Untuk Sumarno berusaha untuk melakukan pengereman namun rem tersebut tidak bereaksi dikarenakan bocornya selang pada fungsi pengeram sehingga blong,”tambahnya.

Saat peristiwa tersebut, salah satu korban pengendara sepeda motor sempat masuk di bawah Truk Kontainer, beruntung salah satu warga cepat menarik tangannya dan mengeluarkan korban dari maut lindasan ban Truk Kontainer tersebut.

Yudi salah satu korban yang ditabrak mundur Truk Kontainer tersebut mengungkapkan, saat itu dirinya dari jalan tanjung raya hendak menuju pontianak, saat melewati jembatan kapuas II ia berada dibelakang truk kontainer tersebut, secara tiba-tiba truk itu dari atas meluncur mundur ke aranya. Yudi pun panik dan tak dapat menghindar karena terjepit oleh kendaraan lain.

” Saat truk itu dari atas Jembatan Kapuas II meluncur mundur, saat itu sepeda motor yang saya kendarai tepat berada di belakang, saat motor saya ditabrak, saya masuk kebawah kolong truk, beruntung tangan saya cepat ditarik oleh warga hingga saya selamat,”ungkapnya.

Ade menambahkan, saat ini sopir dan kendaraan Truk Kontainer sudah diamankan oleh Satlantas Polres Kubu Raya untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan akibat peristiwa tersebut kerugian belum dapat diperincikan.

” Sopir dan kendaraan Truk Kontainer sudah diamankan oleh Satlantas Polres Kubu Raya guna penyelidikan lebih lanjut dan kerugian atas peristiwa ini belum dapat diperincikan,”sebutnya.

Ade menghimbau, peristiwa kecelakaan ini menjadi pengingat keras akan pentingnya pemeriksaan rutin dan pemeliharaan pada kendaraan agar terutama kendaraan berat seperti truk kontainer dan kendaraan angkut lainnya, untuk senantiasa melakukan pemeriksaan rutin dan pemeliharaan kendaraan dengan baik.

” Pemeriksaan rutin mencakup pengecekan sistem pengereman, mesin, ban, dan komponen penting lainnya. Masalah teknis kecil yang tidak segera ditangani dapat berkembang menjadi kerusakan besar yang berpotensi membahayakan nyawa banyak orang. Oleh karena itu, pastikan bahwa setiap komponen kendaraan Anda berfungsi dengan baik sebelum memulai perjalanan, terutama jika membawa muatan berat agar kejadian serupa tidak terulang kembali di masa depan,”tegasnya.

Penulis : Humas_cpt_ltr
Editor : Aiptu Ade

follow up : web resmi Polres Kubu Raya ( tbnewspolreskuburaya.com)

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.