Daily Archives: Juni 6, 2024

Bersama Kabid Humas Polda Kalbar, Polres Kubu Raya Gelar Pelatihan Kehumasan Bertema ” ERA CITIZEN OF JOURNALISM 5.0 “

TBNEWSPOLRESKUBURAYA.COM, KUBU RAYA – Polres Kubu Raya menggelar kegiatan latihan Peningkatan Kemampuan Kehumasan dengan tema “ERA CITIZEN OF JOURNALISM 5.0”. Acara ini diselenggarakan di Aula Polres Kubu Raya yang berlokasi di Jalan Mayor Alianyang Desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Kamis (6/6) Pukul 08.00 Wib.

Polres Kubu Raya melaksanakan latihan Peningkatan Kemampuan kehumasan dengan materi “ERA CITIZEN OF JOURNALISM 5.0” kegiatan tersebut berlangsung di Aula Polres Kubu Raya yang berlokasi di Jalan Mayor Alianyang Desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Kamis (6/6) Pukul 08.00 Wib.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, S.I.K.,S.H.,M.H dan dihadiri Kabid Humas Polda Kalimantan Barat, Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K, Mm, Wakapolres Kubu Raya, Kompol Hilman Malaini S.H.,S.I.K., PJU Polres Kubu Raya, Kapolsek Jajaran Polres Kubu Raya, Operator Kehumasan Polsek Jajaran Polres Kubu Raya.

Kegiatan ERA CITIZEN OF JOURNALISM 5.0 Polres Kubu Raya, mengundang Wakil Ketua Komisi informasi Provinsi Kalimantan Barat, M. Reinardi Sinaga, S.H., dan Ketua JMSI ( Jaringan media siber Indonesia), Edy Suhaerul, S.Pdi sebagai pemateri.

Dalam kata sambutannya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, S.I.K., S.H., M.H. dalam penyampaiannya mengatakan, ERA CITIZEN OF JOURNALISM 5.0 merupakan sebuah wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan pemikiran mereka melalui media sosial. Namun, Kapolres juga menegaskan pentingnya kesadaran akan risiko yang mungkin muncul, seperti penyebaran hoaks atau berita bohong yang dapat mempengaruhi opini publik tentang berbagai kelompok, lembaga atau organisasi.

” Citizen journalism adalah kebebasan masyarakat dalam mengekspresikan pemikiran mereka melalui blog atau postingan di media sosial. Namun, praktik ini seringkali tidak terikat pada kaidah-kaidah jurnalistik yang ketat, sehingga berisiko menghasilkan hoaks atau berita bohong,”kata Kapolres Kubu Raya.

” Informasi yang tidak diverifikasi dengan benar ini dapat menggiring opini publik terhadap kelompok, lembaga, atau organisasi tertentu secara tidak adil. Oleh karena itu, meskipun citizen journalism memberikan ruang bagi suara masyarakat, penting untuk selalu mengedepankan akurasi dan tanggung jawab dalam penyebaran informasi,”terangnya.

Selain itu, Kapolres Kubu Raya juga menyoroti, bahwa semua anggota Polri memiliki tanggung jawab dalam menjalankan fungsi kehumasan. Pemateri diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga kepada peserta.

” Fungsi kehumasan dalam institusi Polri sangat penting, setiap anggota Polri memiliki tanggung jawab dalam menjalankannya. Kami mengharapkan pemateri dapat menyampaikan wawasan yang berharga kepada peserta, sehingga peserta memahami betapa krusialnya peran kehumasan dalam membangun hubungan yang baik antara Polri dan masyarakat.”

Kapolres berpesan kepada seluruh personil Polres Kubu Raya dan keluarga, untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Hal ini disampaikannya mengingat bahwa informasi yang bersumber dari kepolisian atau anggota keluarganya sering dianggap oleh publik sebagai sumber yang benar dan terpercaya.

” Kehati-hatian dan tanggung jawab dalam menyebarkan informasi di media sosial sangatlah penting untuk menjaga kredibilitas dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Dalam era keterbukaan informasi, diperlukan kepedulian dari kita semua, khususnya anggota Polres Kubu Raya, untuk lebih peduli dalam mengamplifikasi dan mengglorifikasi peran seorang Polri, baik di tingkat Polsek, maupun satuan atas. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan publik terhadap institusi Polri.” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Kalimantan Barat, Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K, Mm, menekankan pentingnya pengembangan kemampuan personel Polres Kubu Raya dalam mengelola media sosial. Dengan memiliki kepekaan, kemampuan menganalisa, kemampuan public speaking yang baik, serta keterampilan menulis berita dan pengetahuan jurnalistik, diharapkan setiap anggota Polres dapat berkomunikasi dengan publik secara efektif dan profesional.

” Seluruh personel Polres Kubu Raya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menganalisa, kemampuan public speaking yang baik, serta keterampilan menulis berita dan pengetahuan jurnalistik. Hal ini penting agar setiap personil dapat berkomunikasi lebih efektif dengan publik, menyampaikan informasi dengan akurat, dan menjaga citra positif institusi Polri.”ungkapnya.

” Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, sehingga dapat meningkatkan kemampuan personel Kepolisian dalam mengelola media sosial secara efektif dan profesional. Dengan demikian, kita dapat lebih baik dalam berinteraksi dengan masyarakat, menyebarkan informasi yang akurat, dan memperkuat citra positif Polri.”tutupnya.

Penulis : Humas_cpt_ltr
Editor : Aiptu Ade

follow up : web resmi Polres Kubu Raya ( tbnewspolreskuburaya.com)

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Tingkatkan Pemahaman personil di Bidang Kehumasan, Bidhumas Polda Kalbar lakukan Supervisi dan Asistensi di Polres Ketapang dan Polres Kayong Utara

Pontianak, Polda Kalbar,- Dalam rangka meningkatkan Pemahaman Personil Polres dibidang Kehumasan Bidhumas Polda Kalbar menugaskan tim Humas untuk Melaksanakan kegiatan supervisi dan Asistensi di Polres Kayong Utara dan Polres Ketapang, Kamis,(6/6).

Tim Bidhumas Polda Kalbar yang melaksanakan kegiatan tersebu terdiri dari Kasubbid Penmas Akbp Prinanto, dengan anggota Penda Taryoko S.Kom. M.Kom, Briptu wibiseno S.H., dan Bripda Yudha Permana.

Dalam pelaksanaan ditingkat polres kegiatan tersebut di ikuti oleh Wakapolres, Kasie Humas beserta Staff Sie Humas, para Kasie Propam Polres, KBO Satreskrim, KBO Satnarkoba dan perwakilan para Kapolsek terdekat.

Kasubbid penmas, AKBP Prinanto menyampaikan, untuk Mendukung Pelaksanaan tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia, diperlukan kemampuan dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang sangat cepat, serta mampu membangun Suasana yang kondusif dengan Masyarakat Melalui Komunikasi yang baik”

“Komunikasi yang baik menjadi kewajiban untuk dikuasai oleh seluruh Pegawai Negeri pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, baik Komunikasi secara langsung dengan masyarakat ataupun melalui media sebagai pengemban fungsi kehumasan ” Ujar Kasubbid Penmas

“Sebagai Pengemban fungsi Kehumasan petugas humas harus memiliki beberapa Kompetensi yang diantaranya: Public Speaking Humas, Editor, Pembuat berita, Juru Foto, Juru Rekam, Operator Layanan Informasi Terpadu, Analis media, operator media sosial, operator Opini publik, dan operator drone” Jelas kasubbid Penmas.

Kegiatan supervisi dan asistensi ini dilanjutkan dengan penyampaian contoh contoh produk kehumasan dan bentuk komunikasi praktis lainnya yang menjadi tugas dan tanggung jawab personel humas sehari-hari dalam mengelola manajemen media,
kemudian dilakukan pengecekan terhadap produk Kehumasan yang sudah dilaksanakan ditingkat Polres, dengan diskusi dan sesi tanya jawab, yang kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Respon Cepat Polsek Delta Pawan, Datangi Aduan Masyarakat Adanya ODGJ Tersesat Di Tengah Rawa

KETAPANG, Polda Kalbar – Seorang Pria tanpa identitas yang mengalami gangguan jiwa diselamatkan Kapolsek Delta Pawan bersama Bhabinkamtibmas, Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang.

Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian S,I.K., M.Sc., (Eng) melalui Kapolsek Delta Pawan IPDA Chepry Perahera. S.H mengatakan kejadian tersebut berawal pada Rabu (05/06/2024) sekitar pukul 13.15 WIB. Saat itu, Anggota Polsek Delta Pawan yang sedang Piket jaga mako, mendapat informasi dari salah satu warga.

“Ada Pria tanpa identitas di Semak-semak rawa, karena khawatir terjadi hal tak diinginkan, itu dilaporkan,” jelasnya.

Dengan respon cepat IPDA Chepry Perahera. S.H bersama salah satu bhabinkamtibmas lansung mendatangi TKP Pria tersebut lalu dibawa ke rumah warga setempat untuk dimintai keterangan. “Di sana kita diberi makan minum, diajak komunikasi tapi sulit,” kata IPDA Chepry.

Lanjut IPDA Chepry, berkoordinasi dengan warga sekitar alhasil di dapatkanlah informasi bahwa Pria tersebut sudah 3 hari lamanya berada di Semak-semak rawa dengan posisi tanpa mengenakan baju.

Setelah dilakukan pendekatan, ternyata Pria tersebut mempunyai keluarga.

Setelah ditelusuri, diketahui alamatnya di, Desa Kalinilam, Kecamatan Delta Pawan.
“Dia tidak tahu tiba-tiba bisa sampai disemak-semak rawa, keluarga juga tidak mengetahui keberadaannya karena hilang dan dicari tidak ketemu,” kata IPDA Chepry.

Menurut IPDA Chepry, karena keluarga tidak mengetahui keberadaan Pria tersebut, maka Pria tersebut kami antar ke rumahnya.

“Alhasil kami antar Pria tersebut ke rumah keluarganya, dan keluarganya sangat berterimakasih atas ditemukanya Pria tersebut.”ujarnya.

“Dari kejadian tersebut kami sangat mengapresiasi atas laporan warga dan kami juga menghimbau kepada pihak keluarga agar selalu memperhatikan keluarganya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan,”pungkasnya

Polresketapang #Ketapang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Sukses Amankan Penyelenggaraan Pemilu 2024, Polres Ketapang Terima Penghargaan dari Bawaslu Ketapang

Ketapang – Polda Kalbar, Polda Kalbar dan Polres Ketapang menerima penghargaan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ketapang atas suksesnya pengamanan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan profesionalisme Polda Kalbar dan jajaran Polres Ketapang dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif selama tahapan Pemilu serentak berlangsung.

Acara penyerahan penghargaan berlangsung di Ruang Lobby Mapolres Ketapang dan dihadiri oleh Ketua Bawaslu Ketapang, Muhammad Dofir, S.H., bersama Komisioner Bawaslu, serta Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc., (Eng), bersama sejumlah pejabat utama Polres Ketapang. Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Ketapang Muhammad Dofir, S.H., menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Kapolda Kalbar dan Bapak Kapolres Ketapang serta jajarannya, Rabu (05/06/2024)

” Penghargaan ini kami berikan sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan dedikasi Polda Kalbar serta Polres Ketapang dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024. Berkat koordinasi yang baik serta upaya upaya yang telah dilakukan oleh Polda Kalbar dan Polres Ketapang serta jajaran secara profesional, Pemilu di wilayah Ketapang dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan kondusif, ” ujar Muhammad Dofir, S.H.

Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc., (Eng) yang mewakili Bapak Kapolda Kalbar, menerima langsung penghargaan tersebut dan menyampaikan rasa syukur dan bangga. Dalam kesempatannya, AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc., (Eng) menyampaikan bahwa keberhasilan pengamanan Pemilu ini merupakan hasil kerja keras bersama seluruh jajaran Polres Ketapang dan dukungan penuh dari masyarakat.

” Penghargaan ini adalah hasil kerja keras kita bersama. Saya dalam hal ini mewakili bapak Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Polres Ketapang yang telah bekerja dengan integritas dan kepada masyarakat yang telah mendukung upaya kami dalam menjaga keamanan selama Pemilu. Ini adalah keberhasilan kita bersama,” kata AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc., (Eng), Rabu (05/06/2024) Pukul 13.20 Wib.

Pengamanan Pemilu 2024 di Ketapang melibatkan ratusan personel Polres dan personil BKO Polda Kalbar yang tersebar di berbagai titik strategis, termasuk tempat pemungutan suara (TPS), kantor KPU, dan Bawaslu. Selain itu, Polres Ketapang juga melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan untuk memastikan situasi tetap kondusif serta menangani dengan cepat setiap potensi gangguan keamanan.

Dengan penghargaan ini, Tambah Kapolres, Polres Ketapang semakin termotivasi untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kamtibmas di Kabupaten Ketapang. Kapolres Ketapang menegaskan dirinya beserta jajaran terus berkomitmen untuk memelihara suasana Kamtibmas yang kondusif dan siap mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak kedepannya.

” Kami akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Keberhasilan ini menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi terutama dalam mengamankan tahapan Pilkada serentak pada bulan November tahun ini,” tutup AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc., (Eng).

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Personel Polres Singkawang Mengikuti Kegiatan Bimbingan Rohani dan Mental

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Personel Polres Singkawang mengikuti kegiatan bimbingan Rohani dan mental ( Binrohtal) Agama Islam yang dilaksanakan di Musholla Nurul Adlan Polres Singkawang yang beralamat di Jl. Firdaus H.R. II Kota Singkawang, Kamis (6/6/2024).

Dalam kegiatan bimbingan Rohani dan Mental dihadiri oleh Kapolres Singkawang yang diwakili oleh Kabag SDM Polres Singkawang KOMPOL Tomy ChahyadI, S.E., Para PJU Polres Singkawang, Para Perwira, Bintara dan PNS Polri Polres Singkawang, Perwakilan anggota dari masing-masing Satfung & Polsek jajaran Polres Singkawang yang beragama Islam.

Susunan acara diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan Sambutan dari Kapolres Singkawang yang diwakili Kabag SDM, kemudian dilanjutkan dengan Ceramah/tausyiah dan ditutup dengan Pembacaan Do’a, Dalam kegiatan Binrohtal tersebut diisi dengan ceramah/tausyiah oleh Ustadz DR. ASRIP WIDODO, M.Pd.I. dari Kemenag Kota Singkawang

Ustadz DR. ASRIP WIDODO, M.Pd.I. dari Kemenag Kota Singkawang menyampaikan, “Dalam syariat Islam, qurban memiliki hukum sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Namun, bagi mereka yang memiliki kemampuan finansial lebih, sebagian ulama bahkan mengatakan bahwa qurban menjadi wajib. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang memiliki kelapangan (harta) dan tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.”_ (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Hewan yang dapat dijadikan qurban adalah hewan ternak seperti kambing, domba, sapi, atau unta, Adapun ketentuannya ada sebagai berikut: Kambing atau domba, Cukup untuk satu orang dan Sapi atau unta Bisa untuk tujuh orang, Tuturnya.

Penulis Humas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Polisi Ringkus 3 (tiga) Orang Pelaku Pencurian Di Bengkel Las

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Satuan Reskrim Polsek Polres Singkawang, berhasil ringkus pelaku pencurian di Bengkel Las “BERKAH JAYA” di jalan Demang Akub Kota Singkawang, Kamis (6/6/2024)

Kapolres Singkawang Akbp Fathcur Rochman, S.I.K., M.I.K., melalui melalui Kasat Reskrim Iptu Deddi Sitepu, S.H., M.H., menuturkan ” Benar, Satuan Reskrim Polres Singkawang berhasil meringkus 3 (tiga) orang pelaku pencurian di bengkel las dengan Inisial “WA” (23), “TS” (30), “FE” (18) yang diduga telah melakukan tindak pidana Pencurian di bengkel las ” Berkah Jaya” Jalan Demang Akub Singkawang.

Dari tangan pelaku pencurian ini, lanjut Iptu Deddi Sitepu, S.H., M.H., petugasnya berhasil mengamankan mesin bor, mesin Gerinda, buah mesin las dan tabung LPG 3 Kg. “Ungkapnya”.

” Penangkapan pelaku “WA” (23), “TS” (30), “FE” (18) berawal dari sebuah postingan di Singkawang Informasi ada menawarkan peralatan las dengan harga jauh dibawah pasar. Merasa ada kejanggalan dalam postingan tersebut, Satreskrim Polres Singkawang segera melakukan penyelidikan lebih lanjut. Setelah melakukan penelusuran online dan interogasi saksi-saksi, polisi berhasil mengaitkan postingan tersebut dengan kasus pencurian di bengkel las ” Berkah Jaya” milik Sdr. Abdullah yang terjadi pada hari Senin tangal 1 Juni 2024 jam 03.00 wiba. Ternyata, barang-barang yang ditawarkan dalam postingan tersebut merupakan hasil curian dari bengkel tersebut.

Dengan informasi yang didapatkan dari postingan tersebut, polisi segera melakukan penyergapan di di gerbang Selamat datang kota Singkawang dan 2 (dua) orang pelaku lainnya ditangkap dirumahnya masing masing. Penangkapan ini berjalan dengan lancar, dan tiga pelaku yang terlibat dalam pencurian berhasil ditangkap pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2024 jam 01.00 wiba tanpa ada perlawanan yang berarti.

Iptu Deddi Sitepu, S.H., M.H. juga menambahkan bahwa untuk pasal yang di persangkakan terhadap ketiga pelaku pencurian dipersangkakan melanggar Pasal 363 KUHPidana dengan anancaman hukuman pidana “Dengan hukuman penjara selama lamanya tujuh tahun” , Pungkasnya.

Penulis : Humas Polres Singkawang.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Kanit Binmas Hadiri Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoraral UPT Puskesmas Singkawang Utara I

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Polsek Singkawang Utara, telah dilaksanakan kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoraral UPT Pusmesmas Singkawang Utara I bertempat di Aula Kantor Camat Singkawang Utara, Jalan Planet No.01 Rt.01 Rw.01 Kel. Sungai Bulan Kec. Singkawang Utara.rabu ( 05/06/2024 ).

Hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang yang diwakili oleh Kabid Kesehatan Masyarakat, Hernawati, M. Kes, Camat Singkawang Utara, Awang Martin, S.Sos, Kapolsek Singkawang Utara yang diwakili oleh PS. Kanit Binmas, Aiptu Sansan Sumantri,Danramil 1202 – 03 Singkawang Tengah yang diwakili oleh Danpos Koramil, Serka Omega,Kepala KUA Kec. Singkawang Utara, Beny Arifin, S.Ag,Kepala UPT. Puskesmas Singkawang Utara I, Hj. Maulida, SKM beserta staf,Para Lurah di Wilayah UPT Puskesmas Singkawang Utara I,Ketua Tim penggerak PKK Kelurahan dan Kec. Singkawang Utara,Para Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Wilayah UPT Puskesmas Singkawang Utara I,Penyuluh KB Kelurahan dan Kecamatan Singkawang Utara.
Undangan yang hadir berjumlah ± 30 orang.

Dalam pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai masalah gerakan intervensi penurunan angka stunting,Merencanakan peningkatan giat FGD dalam rangka menekan angka stunting dan mencegah angka stunting yang baru,Kehadiran para Bhabinkamtibmas dan Babinsa sangat penting pada saat kunjungan kerumah warga penderita stunting guna pendampingan petugas Posyandu,Kegiatan pada hari ini merupakan Lokmin yang kedua di Tahun 2024, nanti akan kita sampaikan rencana kegiatan percepatan penurunan angka stunting khsusnya di Wilayah UPT Puskesmas Singkawang Utara 1,Pada Tahun 2023 yang lalu khususnya di UPT 1 mengalami penurunan angka stunting,Salah satu langkah kita untuk percepatan penurunan angka stunting adalah melalui pemberian makanan tambahan (PMT) maupun koordinasi stiker P4K di Kelurahan.

Kata sambutan Kabid Kesehatan Masyarakat Bahwa beberapa waktu yang lalu Kemenkes dan Kemendagri mengedarkan surat kepada Dinas Kesehatan terkait penangan masalah stunting,Para petugas Posyandu harus mengetahui sasaran mengenai data stunting disetiap Posyandu yang mencakup 3 RT disetiap Kelurahan,Peralatan di Posyandu juga mempunyai peran penting terhadap keakuratan data seperti berat badan dan tinggi badan anak agar tidak terjadi kekeliruan.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.