Kapolres Singkawang Pimpin Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2024 di Polres Singkawang

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila bertempat di Halaman Polres Singkawang, Jl. Firdaus H. Rais II No. 98, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, Upacara ini berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat, Sabtu (1/6/2024).

Upacara tersebut dipimpin oleh Kapolres Singkawang, AKBP Fachtur Rochman, S.I.K., M.I.K., selaku Inspektur Upacara, Selanjutnya Selaku Perwira Upacara adalah KBO Sat Samapta Polres Singkawang, IPTU Sobitun, sedangkan Komandan Upacara adalah Kanit Pam Obvit Sat Samapta Polres Singkawang, IPDA Budi Santoso.

Peserta upacara terdiri dari beberapa peleton gabungan, yaitu peleton Gabungan Perwira Polres Singkawang, peleton Gabungan Staf Polres Singkawang, peleton Sat Samapta Polres Singkawang, peleton Sat Lantas Polres Singkawang, peleton Gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam, dan peleton PNS Polres Singkawang

Dalam upacara tersbut dilaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih, Selanjutnya dilaksanakan mengheningkan cipta, Pembacaan teks Pancasila, dan pembacaan naskah UUD 1945, Selanjutnya Kapolres Singkawang juga menyampaikan amanatnya, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri” dan ditutup dengan pembacaan doa.

Dalam amanatnya Kapolres Singkawang, AKBP Fachtur Rochman, S.I.K., M.I.K. menyampaikan, “Bahwa hari ini kita memperingati hari lahirnya Pancasila, di mana Bung Karno sebagai Proklamator kemerdekaan dan Bapak pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di depan BPUPK. Tema peringatan tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, Ucapnya.

Kapolres mengajak semua pihak untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam tantangan dan ujian sejarah, sehingga Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Dalam amanatnya, Kapolres juga menyoroti perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang pesat sebagai tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan penggunaan smartphone dalam mengakses informasi harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyebarkan konten-konten positif.

Selain itu, Kapolres menekankan bahwa bangsa Indonesia patut bersyukur dan bangga karena telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Pemilihan umum yang demokratis dan berjalan aman serta damai menjadi bukti tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi, serta persatuan dan kesatuan bangsa, Pungkasnya.

Penulis Humas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.