Daily Archives: Mei 28, 2024

DENGAN PATROLI MALAM POLSEK SINGKAWANG SELATAN HADIR DI TENGAH MASYARAKAT BERIKAN RASA AMAN

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, untuk ciptakan situasi yang aman dan kondusif Personil Polsek Singkawang Selatan laksanakan Patroli malam hari, Selasa (28/5/2024).

Tujuan dilaksanakannya Patroli malam hari adalah untuk memberikan rasa aman dan membantu mencegah terjadinya tindak kejahatan, memantau wilayah yang rawan, dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Dalam patroli tersebut, Personil Polsek Singkawang Selatan menyambangi perumahan, perkantoran, objek vital, objek wisata dan pusat keramaian, guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat pada malam hari.

Personil juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan lingkungan.

Kapolsek Singkawang Selatan melalui Ka Spk Aiptu Asep mengatakan patroli malam hari merupakan agenda rutin Polsek Singkawang Selatan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekaligus mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

”Personil melaksanakan patroli untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas, sehingga dengan hadirnya Polri di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” ujar Aiptu Asep.

“Patroli pada malam hari dilaksanakan secara rutin dan di laksanakan pada jam jam rawan untuk mencegah terjadinya tindak pidana,” tutup Ka Spk Aiptu Asep.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Tim Rikkesla Biddokes Polda Kalbar Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Berkala di Polres Singkawang

Singkawang, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Polisi di Singkawang yang terdiri dari Personil Yon B Pelopor Brimob Polda Kalbar, Personil SPN Polda Kalbar dan Personil Polres Singkawang mengikuti Kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala yang digelar Tim Rikkesla Biddokes Polda Kalbar di Aula Sarja Arya Racana Polres Singkawang, Selasa (28/5/2024).

Kapolres Singkawang AKBP Fatchur Rochman, S.I.K. M.I.K. melalui Kasi Dokes Polres Singkawang dr. Novaldi menyampaikan, Bahwa pemeriksaan kesehatan berkala ini merupakan bagian dari upaya menjaga kebugaran dan kesiapan personel dalam menjalankan tugas. “Kesehatan personel adalah prioritas utama kami. Dengan kesehatan yang prima, kinerja anggota di lapangan akan semakin optimal,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya deteksi dini terhadap berbagai penyakit yang bisa mengganggu kinerja anggota, Kegiatan pemeriksaan ini mendapat respons positif dari para personil. Bripka Apriadi salah satu anggota yang mengikuti pemeriksaan, mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. “Kadang kita terlalu sibuk hingga lupa memeriksa kondisi kesehatan sendiri. Dengan adanya pemeriksaan ini, kami jadi lebih tahu kondisi kesehatan masing-masing dan bisa melakukan tindakan pencegahan sejak dini,” katanya.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan berkala ini, diharapkan seluruh personel Polres Singkawang dapat terus menjalankan tugasnya dengan baik dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat. Polres Singkawang berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa secara rutin demi kesehatan dan kesejahteraan seluruh anggota.

Dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala ini, seluruh personel yang terlibat mengikuti pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan mata, pemeriksaan Indeks massa tubuh, pemeriksaan Laboratorium dan urine, pemeriksaan tekanan darah dan fisik, pemeriksaan gigi, rontgen, EKG dan Treadmill.

Penulis Humas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Ciptakan Situasi Kondusif Menjelang Pilkada, Kapolres Singkawang Lakukan Silahturahmi Kepada Perwakilan Tokoh Masyarakat

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Kapolres Singkawang AKBP Fatchur Rochman, S.I.K, M.I.K. bersama Kasat Binmas Polres Singkawang AKP Supiyanto dan beberapa anggota melaksanakan kegiatan koordinasi dan silahturahmi dengan perwakilan tokoh masyarakat Trans SP 2 Kelurahan Pangmilang, tepatnya di kediaman Bapak Budi Sutarto di Trans SP 2, Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang, Selasa (28/5/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kemitraan antara Polri dengan elemen masyarakat guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang Pilkada serentak 2024 di Kota Singkawang.

Perwakilan tokoh masyarakat Trans SP 2 Pangmilang, Bapak Budi Sutarto dalam sambutannya menyampaikan rasa terhormat dan senangnya atas kehadiran Kapolres Singkawang di tempat mereka, Beliau menekankan bahwa situasi Kamtibmas di Trans SP 2 Pangmilang selama ini aman, berkat koordinasi yang baik dengan Bhabinkamtibmas. Namun, Bapak Budi juga mengungkapkan adanya beberapa masalah yang perlu diperhatikan, seperti pencurian yang sering terjadi saat harga komoditas seperti sayur mayur, buah-buahan, dan sawit naik.

Selain itu, Bapak Budi meminta agar truk-truk yang membawa material tanah dan pasir tidak berkendara dengan kencang karena debu yang berhamburan sangat membahayakan pengguna jalan lain, terutama pengendara roda dua dan pejalan kaki. Beliau juga berharap agar pihak kepolisian dapat memberikan penyuluhan dan pembinaan di sekolah-sekolah terkait masalah narkoba dan konten di media sosial yang mempengaruhi anak-anak.

Kapolres Singkawang, AKBP Fatchur Rochman, SIK, MH, dalam sambutannya memperkenalkan diri sebagai Kapolres Singkawang yang baru. Beliau menyampaikan harapannya untuk mendapatkan bantuan dan dukungan dari tokoh masyarakat serta elemen lainnya dalam menjaga Kamtibmas di Kota Singkawang, sehingga kota Singkawang tetap aman dan damai, Kapolres juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari warga Trans SP 2 serta dukungan masyarakat yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Kapolres menegaskan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti masukan-masukan yang diberikan, termasuk mengirimkan Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas untuk menjadi pembina upacara di sekolah-sekolah, sesuai dengan arahan dari Kasat Binmas. Beliau menegaskan pentingnya sinergi antara Polri dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang kondusif menjelang Pilkada serentak 2024, Tuturnya.

Acara ini dihadiri oleh enam perwakilan masyarakat, antara lain Bapak Budi Sutarto (tokoh masyarakat Trans SP 2 Kelurahan Pangmilang), Bapak Budi S. (Kelompok Tani Rukun Sayur Kelurahan Pangmilang), Bapak Joko Mijio (Kelompok Tani Makmur Trans SP 1 Kelurahan Pangmilang), Bapak Adi Sulamo (perwakilan Ketua Pemerhati Pendidikan), Bapak Jojon (perwakilan Pemuda Dayak Trans SP 2), dan Bapak Ali (perwakilan Tokoh Muda Jawa). Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat serta menciptakan lingkungan yang kondusif menjelang Pilkada serentak 2024.

Penulis Humas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Irjen Dedi Raih Rekor MURI Perwira Tinggi Polri Penulis Buku Terbanyak

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo. Penghargaan ini dianugerahkan kepada Irjen Dedi lantaran jenderal bintang dua tersebut merupakan satu-satunya perwira tinggi Polri yang menulis buku dengan jumlah terbanyak.

Untuk diketahui hingga kini ada 27 judul buku yang ditulis oleh Irjen Dedi, dan diterbitkan. Judul buku paling baru Irjen Dedi yakni ‘Meritokrasi Jabatan Fungsional di Lingkungan Polri guna Mewujudkan SDM Unggul’.

Penghargaan diberikan Direktur Marketing Muri Awan Rahargo kepada Irjen Dedi di lokasi Rapat Kerja Teknis (Rakernis) SSDM Polri, Hotel Sheraton, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (28/5/2024).

Selain pemberian penghargaan di lokasi, juga diadakan acara bedah buku ‘Meritokrasi Jabatan Fungsional di Lingkungan Polri guna Mewujudkan SDM Unggul’. Hadir sebagai penanggap dalam bedah buku Komisioner Kompolnas sekaligus Guru Besar STIK Albertus Wahyurudhanto, Guru Besar SDM Universitas Dr. Moestopo, Profesor Wibowo serta Irjen (Purn) Dr. E Winarto Hadiwasito.

“Buku ini menjadi motivasi dan inspirasi kepada personel, bahwa jabatan ditentukan dari kemampuan dan prestasi personel tersebut. Meritokrasi ini juga bertujuan untuk menghilangkan bottleneck dalam jabatan Kepolisian. Buku ini menjadi motivasi dan inspirasi, bahwa jabatan dapat didapatkan melalui kemampuan seseorang,” ungkap Wahyu yang hadir dalam bedah buku sebagai penanggap.

Guru Besar SDM Universitas Dr. Moestopo, Profesor Wibowo, mengatakan Irjen Dedi dalam buku terbarunya menekankan soal kesetaraan dalam keberagaman. Prof Wibowo menuturkan meritokrasi adalah pembinaan SDM berdasarkan karena prestasi dan kontribusi.

“Saya lihat dalam buku ini intinya harus adanya kesetaraan dalam keberagaman dengan kesadaran penuh dengan adanya keberagaman jenis (ras, suku dan agama) anggota. Sehingga reward dan promosi-promosi jenjang kepangkatan ini diberikan karena prestasi dan kontribusi anggota Polri yang baik yang diberikan kepada institusi,” ujar Wibowo.

Untung diketahui sejumlah buku yang ditulis oleh Irjen Dedi di antaranya ‘Diskresi Kepolisian pada Tahap Penangkapan Tersangka Terorisme’, ‘Aksara Presisi Membangun Polri’, ‘Radikalisme Terorisme dan Deradikalisme di Indonesia’. Irjen Dedi juga menulis buku berjudul ‘Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang: Perspektif Transnasional Crime’, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia di Sektor Publik’, serta ‘Keadilan Restoratif Strategi Transformasi menuju Polri Presisi’.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Bedah Buku As SDM Pol, Meritokrasi Jabatan Fungsional di Lingkungan Polri guna Mewujudkan SDM Unggul Mendapat Apresiasi Tinggi Para Pembicara

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melalui Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Pol Dedi Prasetyo meluncurkan Buku Meritokrasi Jabatan Fungsional di Lingkungan Polri guna Mewujudkan SDM Unggul sebagai panduan komprehensif yang mengulas konsep, implementasi, serta tantangan meritokrasi dalam jabatan fungsional di lingkungan Polri.

Pada acara Bedah Buku yang diadakan oleh SDM Polri di Ballroom Sheraton Hotel Jakarta, Selasa (28/5/2024), dalam penulisannya, Irjen Pol Dedi Prasetyo menguraikan dengan jelas bagaimana meritokrasi dapat diterapkan secara efektif guna meningkatkan kualitas dan kinerja SDM Polri.

“Buku ini juga dapat menjadi panduan dan referensi dalam upaya kita bersama untuk terus memperkuat dan memperbaiki sistem Manajemen Sumber Daya Manusia khususnya di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan umumnya untuk organisasi pemerintah lainnya, organisasi swasta, dan seluruh Stakeholder. Bahkan, buku ini juga menjadi wujud nyata dari komitmen Polri untuk terus berinovasi dan memperbaiki diri dalam rangka mewujudkan organisasi yang profesional, akuntabel, dan terpercaya,” kata Dedi Prasetyo saat diskusi Bedah Buku Mi

Meritokrasi adalah sebuah prinsip yang menekankan bahwa penilaian dan penghargaan terhadap individu harus didasarkan pada kemampuan, kinerja, dan prestasi. Dalam konteks Polri, penerapan meritokrasi adalah langkah penting untuk memastikan bahwa setiap anggota memiliki kesempatan yang adil untuk berkembang dan meraih posisi sesuai dengan kompetensi mereka. Buku ini memberikan panduan yang komprehensif tentang bagaimana prinsip-prinsip meritokrasi dapat diterapkan secara efektif di lingkungan Polri.

Prof. Dr. Albertus Wahyurudhanto, M.Si. memberikan apresiasi kepada AS SDM Polri yang telah menciptakan buku yang penting berjudul “Meritokrasi Jabatan Fungsional di lingkungan Polri Guna Mewujudkan SDM Unggul”.

“Seperti yang kita ketahui bahwa Personel Polri Republik Indonesia ini sangatlah banyak dan menjadi Problem pada saat mencari jabatan yang sesuai dengan pangkatnya. Meritokrasi adalah kesempatan kepada personel untuk dapat memimpin dan mendapatkan jabatan sesuai berdasarkan kemampuan dan prestasi. Buku ini menjadi motivasi dan inspirasi kepada Personel bahwa jabatan ditentukan dari kemampuan dan prestrasi Personel tersebut. Meritokrasi ini juga bertujuan untuk menghilangkan bottleneck dalam Jabatan Kepolisian,” ungkap Albertus Wahyurudhanto.

“Buku ini menjadi motivasi dan inspirasi bahwa jabatan dapat didapatkan melalui kemampuan seseorang. Meritokrasi memiliki kelemahan antara lain ketidaksetaraan awal yang dimaksud adalah saat menjadi Polisi dapat melalui pendidikan yang berbeda-beda ada Pendidikan Akpol, Bintara, dan Tamtama ini perlu adanya kajian supaya semua lulusan ini dapat merasakan keadilan dan kesetaraan dalam jabatan. Lalu yang kedua yaitu ketidaksetaraan kemudian yang ke tiga adalah kecenderuangan mengaktifkan aspek kemanusiaan,” lanjutnya.

Menurut Prof Dr. Wibowo, S.E., M.Phil. Guru Besar SDM Univ Prof. Dr. Moestopo melihat dalam buku ini intinya harus adanya kesetaran dalam keberagaman dengan kesadaran penuh dengan adanya keberagaman jenis anggota (ras, suku dan agama).

“Kita perlu lakukan peninjauan terkait hambatan-hambatan apa saja yang akan kita temui saat penerapan dan pemberian reward ini terutama masalah adanya sebagian orang dari internal dan external yang tidak mendukung adanya perubahan perlu dicarikan solusi yang tepat. Kita harus juga carikan penyelesaian terhadap setiap masalah yang kita hadapi dan kita harus segera menyesuaikan terkait masalah-masalah Politik yang ada saat ini, kedepan akan ada perubahan dinamika pimpinan politik, apakah nanti para pimpinan yang baru ini mau meneruskan apa-apa yang sudah dilaksanakan oleh pemimpin yang lama atau malah memiliki program-program yang baru namun bagaimanapun itu tetap anggota Polri harus dapat menyesuaikan dengan sistem yang ada,” jelasnya.

“Perlu kita pikirkan dan bicarakan yaitu penerapan masalah jabatan fungsional dan struktural yang mana kita harus pikirkan bersama supaya kedua jabatan ini dapat berjalan dengan baik, dan tidak ada masalah dalam penempatan anggota dalam sebuah jabatan tersebut,” sambungnya.

Irjen. Pol. (Purn) Dr. E Winarto Hadiwasito, seorang profesional di bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), menilai, buku berjudul “Meritokrasi Jabatan Fungsional di Lingkungan Polri guna Mewujudkan SDM Unggul” karya Irjen. Pol. Dedi Prasetyo ini menjadi forum penting di mana berbagai pihak, termasuk tenaga profesional seperti Hadiwasito, memberikan analisis mendalam terhadap pemikiran yang diusung dalam buku tersebut.

“Saya melihat bahwa dampak dari karya tersebut dapat menjadi katalisator untuk perubahan dalam masyarakat. Keberadaan ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat merupakan fondasi penting bagi kemajuan dan transformasi yang signifikan. Oleh karena itu, partisipasi aktif dalam menghasilkan dan menyebarkan pengetahuan dianggap sebagai upaya penting dalam mewujudkan SDM unggul,” kata Winarto Hadiwasito.

“Buku ini juga terletak pada pendekatan meritokrasi yang diusung oleh Dedi Prasetyo. Meritokrasi, yaitu memberikan kesempatan kepada individu untuk memimpin dan menduduki jabatan fungsional berdasarkan prestasi, dinilai sebagai langkah penting dalam menata kembali paradigma kelembagaan di Polri. Hal ini menggambarkan pergeseran dari penilaian berdasarkan pangkat atau kelas sosial, menuju penilaian yang lebih berorientasi pada kinerja dan kompetensi,” lanjutnya.

Dalam Bedah Buku Meritokrasi Jabatan Fungsional di Lingkungan Polri guna Mewujudkan SDM Unggul ini, penulis Irjen Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, M.M., menjawab seluruh pertanyaan para peserta yang hadir dengan antusias dan seobjektif mungkin serta memberikan motivasi kepada seluruh peserta.

Terakhir, buku ini juga menyoroti pembangunan Pusat SDM Unggul Polri sebagai langkah strategis dalam mengembangkan kompetensi dan keterampilan anggota Polri. Pusat ini diharapkan dapat menjadi tempat pelatihan dan pengembangan yang menyediakan program-program berkualitas tinggi, sehingga setiap anggota Polri dapat menghadapi tantangan di lapangan dengan lebih baik. Harapannya, kehadiran buku ini menjadi bagian dari upaya Polri dalam mewujudkan visi bersama yakni Polri yang lebih unggul, profesional, dan terpercaya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Percepatan Integrasi Aplikasi Digital, SSDM Polri Kembangkan ‘Satu Data SDM’

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Government Technology (GovTech) Indonesia yang diberi nama ‘INA Digital’, untuk membuat ekosistem layanan digital yang terpadu. Sejalan dengan arahan Presiden, Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo mengembangkan aplikasi ‘Satu Data SDM’ yang akan menyatukan sejumlah aplikasi di satuan kerjanya.

“Menindaklanjuti arahan Presiden mengenai reformasi birokrasi, ‘Satu Data SDM’ menjadi solusi dalam penyederhanaan proses birokrasi di internal Polri,” kata Irjen Dedi dalam keterangan tertulis, Senin (27/5/2024).

Irjen Dedi menjelaskan, SSDM Polri memiliki lima biro, di mana saat ini masing-masing memiliki lebih dari tiga aplikasi digital untuk layanan anggota Polri. Dipaparkan di Biro Kajian Strategis (Jianstra) saat ini ada aplikasi e-Ren SDM, e-Anev, Pendataan PKS Pendidikan Dalam Negeri dan Luar Negeri, dan Pendataan Aturan SDM.

Kemudian di Biro Pengendalian Personel (Dalpers) ada aplikasi e-Patma, e-Dikbang, e-Dikbangpers dan Rimdik PNS. Selanjutnya di Biro Pembinaan Karier (Binkar) ada aplikasi e-Gassus, Sismutjab, SIPP 2.0, SIPK, SIEKTA, SISDM, e-Candidate, e-UKP dan DAC.

Lalu di Biro Perawatan Personel (Watpers) ada aplikasi NCR, e-Rohani, e-Khirdin, e-Tanhor, e-KGB, Griya PNPP, e-Binjas. Dan terakhir di Biro Psikologi SSDM Polri ada aplikasi e-Mental, e-Konseling dan e-Senpi.

“Ke depan semua aplikasi akan ada dalam satu aplikasi, dan itu akan menjadi database ‘Satu Data SDM’. Digitalisasi pelayanan SDM terhadap anggota Polri juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas tata kelola SDM,” jelas Irjen Dedi.

“Diharapkan dengan adanya transparansi dan akuntabilitas tersebut, profesionalisme anggota Polri meningkat dan berdampak terhadap peningkatan kualitas pelayanan Polri terhadap masyarakat,” imbuh mantan Kadiv Humas Polri ini.

Irjen Dedi mengatakan aplikasi ‘Satu Data SDM’ nantinya berperan dalam mendukung pimpinan dan pembina fungsi SDM mengambil kebijakan berbasis data (evidence-based policy) terkait pengelolaan SDM. Irjen Dedi menyebutkan beberapa keunggulan dari program ‘Satu Data SDM’.

“Antara lain mengembangkan tools dalam mengelola siklus SDM, baik yang sudah ada maupun tools baru yang belum tersedia. Mengintegrasikan berbagai aplikasi di bidang SDM. Atribut data yang lebih lengkap yakni sejumlah 42 atribut data. Dilengkapi oleh Human Capital Management Analysis Dashboard; dan Difasilitasi oleh Command Center,” pungkas dia.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Polisi di Singkawang Mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Berkala di Polres Singkawang

Singkawang, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Polisi di Singkawang yang terdiri dari Personil Yon B Pelopor Brimob Polda Kalbar, Personil SPN Polda Kalbar dan Personil Polres Singkawang mengikuti Kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala yang digelar Tim Rikkesla Biddokes Polda Kalbar di Aula Sarja Arya Racana Polres Singkawang, Selasa (28/5/2024).

Kapolres Singkawang AKBP Fatchur Rochman, S.I.K. M.I.K. melalui Kasi Dokes Polres Singkawang dr. Novaldi menyampaikan, Bahwa pemeriksaan kesehatan berkala ini merupakan bagian dari upaya menjaga kebugaran dan kesiapan personel dalam menjalankan tugas. “Kesehatan personel adalah prioritas utama kami. Dengan kesehatan yang prima, kinerja anggota di lapangan akan semakin optimal,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya deteksi dini terhadap berbagai penyakit yang bisa mengganggu kinerja anggota, Kegiatan pemeriksaan ini mendapat respons positif dari para personil. Bripka Apriadi salah satu anggota yang mengikuti pemeriksaan, mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. “Kadang kita terlalu sibuk hingga lupa memeriksa kondisi kesehatan sendiri. Dengan adanya pemeriksaan ini, kami jadi lebih tahu kondisi kesehatan masing-masing dan bisa melakukan tindakan pencegahan sejak dini,” katanya.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan berkala ini, diharapkan seluruh personel Polres Singkawang dapat terus menjalankan tugasnya dengan baik dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat. Polres Singkawang berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa secara rutin demi kesehatan dan kesejahteraan seluruh anggota.

Dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala ini, seluruh personel yang terlibat mengikuti pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan mata, pemeriksaan Indeks massa tubuh, pemeriksaan Laboratorium dan urine, pemeriksaan tekanan darah dan fisik, pemeriksaan gigi, rontgen, EKG dan Treadmill.

Penulis Humas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

TNI-Polri dan Pemdes Nanga Mahap Bersinergi Menambal Jalan Rusak

SEKADAU, Polda Kalbar – Jajaran Polsek Nanga Mahap bersama Koramil Nanga Mahap melakukan gotong royong untuk menambal jalan rusak, pada Selasa (28/5/2024). Kegiatan ini berlangsung di Jalan Batu Bertulis I, tepatnya di depan Indomaret, yang merupakan jalur lalu lintas utama menuju pusat kota Kecamatan Nanga Mahap.

Dalam kegiatan sosial tersebut, personel TNI-Polri dan Pemerintah Desa (Pemdes) Nanga Mahap kompak menggunakan cangkul dan skop, serta material seperti semen, pasir, dan batu koral untuk memperbaiki jalan yang mengalami kerusakan.

Sinergi antarinstansi ini menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab bersama dalam menjaga infrastruktur yang vital bagi masyarakat setempat.

Kapolsek Nanga Mahap, IPDA Eric Ibrahim Pattimura, menyampaikan bahwa kegiatan gotong royong ini, merupakan sinergi Forkopimca Nanga Mahap. Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan.

“Selama kurang lebih tiga jam dari pukul 09.00 WIB, kami menambal jalan berlubang tersebut. Dengan penambalan jalan ini, diharapkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kondisi jalan yang rusak,” ujar IPDA Eric.

Kegiatan penambalan jalan rusak tersebut, disambut positif oleh masyarakat sekitar yang melintas di jalan tersebut. Mereka berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk memastikan kondisi jalan tetap layak dan aman dilalui.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Kapolsek Belimbing Pimpin Anev Kinerja

Polsek Belimbing Polres Melawi Polda Kalbar – Pasca pelantikan dirinya menjabat sebagai Kapolsek Belimbing, Iptu Samuji memulai kinerjanya dengan melakukan analisa dan evaluasi (anev) kinerja di lingkungan Polsek Belimbing.

Kapolres Melawi Polda Kalbar AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H, melalui Kapolsek Belimbing mengatakan anev merupakan bagian dari fungsi kontrol pimpinan atas kinerja personel, selasa (28/5/2024).

“Dihadiri seluruh personel, beberapa penekanan kinerja menjadi atensi,” ujar Iptu Samuji.

Penekanan kepada personel agar tetap semangat dalam pelaksanaan tugas, tingkatkan kedisiplinan, kecepatan dalam merespon dan pelayanan kepada masyarakat serta selalu menjalin komunikasi yang baik kepada masyarakat guna menjaga kamtibmas kondusif di Kecamatan Belimbing.

Lanjutnya, anev juga bertujuan guna menyusun rencana kerja ke depannya serta untuk mengetahui keberhasilan dan kendala dalam pelaksanaannya.

“Adanya anev kinerja yang rutin dilakukan, Polsek Belimbing berkomitmen melakukan perbaikan dan pelayanan Polri kepada masyarakat,” pungkas Kapolsek Belimbing.

Hmsresmlw(Smi)
Fast KK.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Kapolri Resmikan Komite Olahraga Polri, Wadah Para Polisi Atlet

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan Komite Olahraga Polri (KOP) di sela Rapat Kerja Teknis (Rakernis) SSDM Polri Tahun Anggaran 2024 di Hotel Sheraton, Jakarta Selatan. KOP adalah wadah bagi para polisi yang memiliki bakat dan prestasi di bidang olahraga.

“Pembentukan Komite Olahraga Polri (KOP) sebagai wadah dan sistem guna memastikan pembinaan dan penjaminan hak-hak atlet Polri yang berprestasi,” kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri), Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangan tertulis, Senin (27/5/2024).

Irjen Dedi berharap akan ada peningkatan signifikan dalam pengembangan bakat dan prestasi personel Polri terkait bidang olahraga, setelah peresmian KOP. Mantan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) ini juga berharap pembentukan KOP ini akan menciptakan lingkungan kondusif bagi polisi atlet dalam mengasah kemampuan secara optimal.

“ Dengan adanya KOP, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam pengembangan bakat olahraga di kalangan anggota Polri, serta terciptanya lingkungan yang kondusif bagi para atlet untuk meraih prestasi secara maksimal,” ujar Irjen Dedi.

Irjen Dedi menyampaikan harapan partisipasi Polri di bidang olahraga Tanah Air maupun mancanegara dapat meningkatkan dukungan masyarakat pada Korps Bhayangkara. Dukungan masyarakat, kata Dedi, merupakan modal pelaksanaan tugas pokok Polri.

“Partisipasi Polri dalam kegiatan olahraga di Indonesia diharapkan mampu meningkatkan penerimaan dan dukungan masyarakat terhadap Polri. Yang pada akhirnya akan berdampak pada public trust sebagai modal pelaksanaan tugas pokok Polri,” ucap Irjen Dedi.

Seperti diketahui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul agar siap menyongsong Indonesia Emas 2045. Salah satunya dengan membina dan memfasilitasi para anggota Polri yang berprestasi di bidang olahraga untuk terus mengasah bakatnya, lewat KOP.

Para polisi atlet akan diterjunkan pada kompetisi-kompetisi olahraga dalam negeri maupun tingkat dunia. Diketahui ada kompetisi antarkepolisian negara yakni Olimpiade Kepolisian Internasional yang melombakan 28 cabang olahraga.

“Di dunia internasional telah dilaksanakan Olimpiade Kepolisian Internasional yang terdiri dari 28 cabang olahraga, termasuk bola voli. Dengan adanya Komite Olahraga Polri, diharapkan Polri bisa ikut berlaga dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia,” tutur Irjen Dedi dalam keterangan tertulis pada Selasa, 23 April 2024.

Tim atlet Polri sendiri sudah mencetak sejumlah prestasi di tingkat internasional, seperti pada di ajang ‘1st FAI Asian Indoor Skydiving Championships’ dan kejuaraan dunia ‘5th FAI World Cup Indoor Skydiving Championships’ di GoAirborne, Macau, China. Tim Polri menyabet juara 3, 2 dan 4 di tingkat Asia, dan menduduki posisi 5, 12 dan 21 di tingkat dunia dari 29 negara yang mengirimkan kontingennya.

Dan pada Thailand Open Karate Championship 2023 yang diikuti 18 negara dan 754 peserta, Tim Karate Bhayangkara Presisi menyabet dua medali emas, 13 medali perak dan empat medali perunggu.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.