Daily Archives: Mei 26, 2024

Ploting Poin Malam Hari Ciptakan Kamseltibcarlantas Dan Cegah Terjadinya Tindak Pidana

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Personil Polres dan Polsek jajaran Polres Singkawang laksanakan ploting point Malam Minggu, Sabtu (25/5/2024).

Personil Polres dan Polsek jajaran Polres Singkawang laksanakan kegiatan ploting point malam Minggu guna meningkatkan keamanan dan ketertiban. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya preventif dalam mengantisipasi potensi gangguan keamanan.

Dalam Kegiatan Ploting Point malam Minggu tersebut dipimpin oleh Kasihumas Polres Singkawang Akp M Mauluddin selaku Padal. Sebelum melaksanakan kegiatan dilaksanakan apel Persiapan Pelaksanaan tugas guna menerima arahan terkait cara bertindak ataupun Tehnis dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Kapolres Singkawang melalui Padal ploting malam Minggu Akp M Mauluddin mengatakan Ploting Point ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas, mencegah kemacetan, mengurangi kecelakaan, mencegah terjadinya tindak pidana dan menjaga keamanan bagi pengguna jalan, ujar Padal.

Personil yang terlibat melakukan pengaturan arus lalu lintas, sambil memantau aktifitas masyarakat di titik titik persimpangan yang di anggap rawan terjadinya Laka lantas maupun tindak kriminalitas.

Dengan hadirnya Polri di tengah masyarakat tersebut merupakan salah satu upaya Preventif yang mana dapat mencegah niat dari pelaku kejahatan yang ingin melakukan kejahatan.

Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala sebagai bagian dari upaya penguatan keamanan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat oleh institusi kepolisian khususnya Polres Singkawang.

memberikan rasa aman kepada masyarakat, Demi terciptanya keamanan ketertiban dan kelancaran serta keselamatan warga masyarakat dalam beralu lintas (Kamseltibcarlantas)” Pungkasnya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Personil Polsek Singkawang Barat Laksanakan Sambang Duka

SINGKAWANG, Polda Kalbar-Polres Singkawang, Sebagai wujud empati dan kepedulian, Polsek Singkawang Barat hadir dalam kegiatan Sambang Duka atas wafatnya ibu kandung dari Bripka Iwan Kurniawan, anggota Unit Samapta Polsek Singkawang Barat yang terletak di Jalan Alianyang gang Nusa, Kecamatan Singkawang Tengah. Pada Sabtu, (25/5/2024).

Dalam kegiatan tersebut, hadir sejumlah personel Polsek Singkawang Barat hadir untuk memberikan dukungan moral kepada keluarga yang berduka diantaranya AKP R.M. Walidu, S.H. (Kanit Reskrim Polsek Singkawang Barat), IPTU Iwan Setiawan (Kasi Humas Polsek Singkawang Barat), IPTU Akhmadi (Kanit Provost Polsek Singkawang Barat), AIPDA Dedy Firmansyah (PS KASPK RU. 3 Polsek Singkawang Barat), dan BRIPKA Dwi Pramono (Ka Jaga RU. 3 Polsek Singkawang Barat).

Adapun jenazah Almarhumah orangtua Bripka Iwan Kurniawan disholatkan di Masjid Al-Amanah dan dimakamkan di Pemakaman Umum Firdaus di jalan Pendidikan, Kelurahan Jawa, Kecamatan Singkawang Tengah. Makna Kehadiran personel kepolisian dalam acara ini diharapkan dapat memberikan dukungan moral kepada keluarga Bripka Iwan Kurniawan, tetapi juga menunjukkan kepedulian dan kedekatan polisi dengan masyarakat.

Kapolres Singkawang AKBP Fatchur Rochman, S.I.K., M.I.K., melalui Kapolsek Singkawang Barat AKP Ronald Deny Napitupulu, S.H., M.H., menyatakan bahwa kegiatan sambang duka ini merupakan bentuk nyata kepedulian dan kehadiran polisi dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, terutama dalam momen-momen yang penuh duka. “Kami hadir untuk memberikan dukungan dan memastikan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Dengan demikian, melalui kegiatan seperti ini, Polsek Singkawang Barat tidak hanya menjalankan tugas keamanan, tetapi juga meneguhkan komitmen sebagai sahabat dan pelindung masyarakat.” tutup AKP Ronald. (CS)

Penulis : Humas Polres Singkawang.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

CIPTAKAN SITUASI AMAN PADA MALAM HARI POLSEK SINGKAWANG BARAT LAKSANAKAN PATROLI

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Personil Polsek Singkawang Barat laksanakan patroli pada malam hari, Jumat (24/5/2024) Dinihari.

Personil Polsek Singkawang Barat laksanakan patroli secara rutin untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Personil Polsek Singkawang Barat yang laksanakan patroli siap sedia dalam menghadapi berbagai situasi untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat pada malam hari.

Dalam melaksanakan patroli pada malam hari, personil tidak hanya melaksanakan pemantauan di tempat-tempat umum seperti perumahan dan pusat-pusat keramaian, tetapi juga memantau daerah-daerah yang rawan terjadinya tindak kriminalitas.

Dengan melaksanakan patroli pada malam hari, Polsek Singkawang Barat berusaha untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan memberikan respons cepat dalam penanganan setiap kejadian yang terjadi.

Dengan kehadiran personil patroli malam hari dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah pada malam hari. Dengan adanya patroli ini, diharapkan dapat meningkatkan rasa kepercayaan Polri khususnya Polsek Singkawang Barat kepada masyarakat.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Indonesia Indicator: Polri Ikut Andil Suksesnya World Water Forum

Jakarta – Indonesia Indicator menilai Polri turut andil dalam kesuksesan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10. Selain aspek keamanan, strategi komunikasi Polri dinilai sukses mempromosikan WWF ke masyarakat.

Direktur Komunikasi PT Indonesia Indicator Rustika Herlambang, mengatakan Polri ikut andil dalam menciptakan sentimen positif dari netizen terhadap event internasional ini. Sebab, Polri mampu menciptakan framing hingga mensosialisasikannya ke media massa maupun media sosial dengan baik.

“Informasi (WWF) tersebut cukup masif, disosialisasikan oleh Mabes Polri di berbagai platform baik media maupun media sosial dengan narasi dan diksi yang cukup menarik pula, itu yang mengakibatkan atensi netizen terhadap event ini menjadi sangat besar dan mendapatkan sentimen positif,” ujarnya saat ditemui, Sabtu (25/5/2024).

“Kita melihat bahwa sentimen negatif atau framing terhadap penyelenggaraan acara ini sangat kecil karena hampir semuanya diisi oleh berbagai informasi dan hal yang menyenangkan terkait dengan penyelenggaraan WWF,” tambahnya.

Rustika mengatakan strategi komunikasi yang dilakukan Polri terkait WWF telah dipersiapkan jauh hari. Persiapan tersebut ditunjukan dari analisis media dan media sosial.

Dikatakan Rustika, komunikasi yang dilakukan oleh Polri salah satunya adalah aspek keamanan, seperti bagaimana mengelola rekayasa lalu lintas dan pengamanan venue. Selain itu, Polri tak luput mempromosikan tradisi kultural yang menjadi salah satu agenda WWF, seperti melukat.

“Kreatif, antisipatif, humanis informatif. Itu saya melihat adalah salah satu strategi komunikasi yang dilakukan oleh Mabes Polri selama ini dalam pelaksanaan WWF,” kata dia.

Rustika mengatakan Polri dalam mempersiapkan pengamanan WWF mampu bersinergi dengan berbagai stakeholder. Bahkan tokoh adat tak luput menjadi bagian dari sinergi Polri.

Karena semua upaya Polri, lanjutnya, masyarakat Bali mulanya siap dengan resiko dari penyelenggaraan WWF. Namun terbukti kini WWF berjalan dengan aman.

“Semuanya berlangsung dengan sangat baik dan tersosialisasi dengan sangat baik. Sehingga masyarakat Bali sudah siap dengan berbagai resiko atau dampak yang terjadi atas event internasional ini,” terangnya.

“Selamat untuk Mabes Polri atas penyelenggaraan WWF yang luar biasa kali ini,” pungkasnya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Irwasda Polda Kalbar Hadiri Penutupan Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat Ke-38 Tahun 2024

PONTIANAK, POLDA KALBAR – Penutupan Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat Ke-38 Tahun 2024 berlangsung meriah pada Sabtu 25 Mei 2024 malam.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.IK., M.H., yang diwakili Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Sigit Jatmiko, S.H., S.I.K., menghadiri penutupan Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat Ke-38 tersebut.

Turut hadir yaitu Pj. Gubernur Prov. Kalbar diwakili oleh Kadisporapar Prov. Kalbar Ibu Windy Prihastari, S.STP., M.Si.Danlantamal XII diwakili Aspotmar Lantamal XII Letkol Mar Aribowo Agus P., M.Tr.Hanla., Danlanud Supadio diwakili Kaurlakminu Set Lanud Supadio Mayor Adm Imron Rosyadi Ikhsan, S.E., serta Stakeholder terkait.

Kadisporapar Provinsi Kalbar Ibu Windy Prihastari, S.STP., M.Si, yang mewakili Pj. Gubernur Kalbar mengungkapkan rasa bangganya bisa hadir di tengah-tengah masyarakat dan para undangan untuk melaksanakan penutupan gawai dayak ke-38 tahun 2024.

“Tentunya didalam kegiatan pekan dayak ke-38 tahun 2024 ini pemerintah Provinsi Kalbar sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja sama baik dalam melaksanakan kegiatan ini sehingga berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

Penyelenggaraan pekan gawai dayak ke-38 sebagai wujud inovasi dan kolaborasi untuk terus melestarikan budaya event pekan gawai dayak ini sudah menjadi kalender event tetap kalimantan barat dan dilaksanakan pada tahun 2024 ini kita berharap memasukkan event ini ke dalam kalender event nusantara melalui kementerian pariwisata ekonomi kreatif.

“Semua pelaksanaan yang telah dilaksanakan kurang lebih selama seminggu pada pelaksanaan pekan gawai dayak ke-38 ini sungguh luar biasa, saya yakin dengan jumlah wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang luar biasa banyak pada event kali ini bisa meningkatkan nilai perekonomian untuk kalimantan barat,” jelasnya.

Selain itu, Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.IK., M.H., melalui Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol R. Petit Wijaya, S.IK.,M.M., kepada awak media juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi, pemerintahan kota dan kabupaten, panitia, peserta dan seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanan Gawai dayak ke-38 tahun 2024 sehingga berjalan aman, lancar dan sukses sehingga dapat semakin memperkenalkan budaya dayak kepada masyarakat dan dunia.

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa, dalam pelaksanaan pekan gawai dayak tahun ini dapat berjalan aman dan lancar oleh sebab itu kami atas nama Kapolda Kalbar mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah baik pemerintah Provinsi Kalbar, Kota dan kabupaten, panitia, personel Polda Kalbar dan Polresta Pontianak, serta instansi terkait yang terlibat dalam pelaksanaan pengamanan Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat Ke-38 tahun 2024 ini, sehingga dapat berjalan aman, lancar dan sukses,”tutup Kabid Humas.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Wakapolres Singkawang Hadiri Kegiatan Pelantikan Panwaslu Kecamatan Se-Kota Singkawang

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Wakapolres Singkawang Kompol Tri Prasetyo, S.I.K., M.H. menghadiri acara pelantikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Singkawang untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta Walikota dan Wakil Walikota Singkawang tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Dayang Resort Singkawang dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat serta pejabat terkait, Sabtu (25/5/2024).

Dalam sambutannya, Kompol Tri Prasetyo, S.I.K., M.H. menekankan pentingnya peran Panwaslu dalam menjaga integritas dan kredibilitas proses pemilu. Ia menyampaikan bahwa Panwaslu merupakan garda terdepan dalam mengawal jalannya pemilu agar tetap jujur, adil, dan transparan. “Saya berharap Panwaslu dapat bekerja secara profesional dan netral demi terciptanya pemilu yang berkualitas,” Tuturnya

Ketua Bawaslu Kota Singkawang juga memberikan apresiasi terkait kesiapan dan dedikasi para anggota Panwaslu yang baru dilantik. Ia mengingatkan bahwa tugas yang diemban Panwaslu sangat berat dan penuh tantangan, namun sangat vital untuk suksesnya penyelenggaraan pemilu, Ianya juga menekankan pentingnya sinergi antara Bawaslu, Panwaslu, dan aparat kepolisian dalam mengawal setiap tahapan pemilu.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolres juga memberikan dorongan moral kepada para anggota Panwaslu, pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan penyelenggara pemilu untuk menciptakan kondisi yang kondusif selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara. “Stabilitas dan keamanan adalah kunci utama untuk keberhasilan pemilu,” pungkasnya.

Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kota Singkawang ini menandai dimulainya tahapan krusial dalam persiapan pemilu 2024 di Kota Singkawang. Dengan dilantiknya para anggota Panwaslu, diharapkan pengawasan terhadap proses pemilu dapat berjalan dengan lebih optimal dan profesional, memastikan hak-hak demokratis masyarakat terpenuhi dengan baik.

Penulis Sihumas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Polres Singkawang Lakukan Pengamanan Kegiatan Dzikra Haul Akbar ke-8 di Pondok Pesantren Makarim El Akhlaq Singkawang.

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Telah dilaksanakan kegiatan Pengamanan Dzikra Haul Akbar ke-8 Imamuththariqah Naqsyabandiyah Mudzhariyah Alhabib Amin Bin Muhsin Alhinduan RA di Pondok Pesantren Makarim El Akhlaq, Jl. Melati, Kelurahan Jawa, Kecamatan Singkawang Tengah Kota Singkawang, Sabtu Malam (25/5/2024).

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kasdim Kodim 1202/Skw Mayor Sugiyono, Kapolsek Singkawang Tengah AKP Jawawi, mantan Wakil Walikota Singkawang H. Irwan, M.Si, serta Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Singkawang H. Abdul Muthalib, SE., ME.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Singkawang Tengah Hasan Nasiruddin, SH, Pengasuh Ponpes Al Mawarits Annabawiyah Jember Jawa Timur Al Habib Nizar Bin Husni Alwi Alaydrus, Ketua Panitia Pelaksana Habib Ali Helmi Farmadi Al-Hinduan, serta tokoh agama, tokoh masyarakat, keluarga besar Alhabib Amin Bin Muhsin Alhinduan RA, para ketua dan pengurus masjid se-Kota Singkawang, jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Mudzhariyah, dan tamu undangan lainnya yang berjumlah sekitar 2.000 orang.

Rangkain Kegiatan Acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan Qalam Ilahi, Maulid dan Mahalul Qiyam, Tahlil, dan doa. Penampilan cuplikan video oleh alumni Ponpes Makarim El Akhlaq dan potret alumni Makarim juga menjadi bagian dari rangkaian acara, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Panitia, Habib Ali Helmi Farmadi Al-Hinduan Menuturkan, “Menekankan rasa syukur dan terima kasih kepada semua yang hadir dan bekerja keras demi suksesnya acara Haul Akbar ini, Ucapnya

Dalam ceramah hikmah haul, disampaikan bahwa sholawat paling indah adalah kepada Nabi Muhammad SAW, dan pentingnya mengamalkan dzikir untuk menenangkan hati serta melapangkan rezeki. Hikmah haul juga dijelaskan sebagai ajang untuk mengenang kebaikan almarhum dan membangun silaturahmi, yang dapat memperluas rezeki.

Dalam Kegiatan Pengamanan tersebut dipimpin oleh Wakapolsek Singkawang Tengah, IPTU Hertomo Endriyadi, bersama tujuh anggota kepolisian, Kegiatan Pengamanan ini dilakukan guna memastikan kelancaran dan ketertiban selama kegiatan berlangsung, serta untuk memberikan rasa aman kepada para peserta yang hadir.

Penulis Humas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.