Daily Archives: Mei 14, 2024

Antisipasi Terjadinya Gangguan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Singkawang Lakukan Patroli Malam

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, Polsek Singkawang Barat Polres Singkawang laksanakan kegiatan patroli malam, Senin (13/5/2024).

Sebagai bentuk antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas pada malam hari Personil Polsek Singkawang Barat laksanakan Patroli untuk memantau Pasar, Perkantoran, Perbankan Pemukiman, Pertokoan, dan lainnya.

Pada saat melaksanakan patroli personil Polsek Singkawang Barat juga menyampaikan himbauan dan pesan kamtibmas kepada masyarakat yang ditemui pada saat pelaksanaan patroli. Tak lupa juga dalam himbauannya Personil Polsek berusaha merangkul warga agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif.

Kapolsek Singkawang Barat melalui Ka Spk Aipda Dedi F mengatakan tujuan dilaksanakan Patroli malam hari adalah untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan, dan tindak kriminal lainnya yang cenderung meningkat pada malam hari. Kehadiran polisi di lapangan diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi warga dan menurunkan niat para pelaku kejahatan, ujarnya.

Selain itu, patroli malam juga bertujuan untuk memantau situasi dan kondisi di lingkungan masyarakat. Personil dapat segera merespon apabila terdapat laporan. Patroli ini memastikan bahwa polisi selalu siap dan sigap dalam menghadapi situasi yang memerlukan tindakan cepat, tutupnya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Personil Unit Samapta Polsek Singkawang Tengah Laksanakan Patroli

SINGKAWANG, Polda Kalbar- Polres Singkawang- Polsek Skw Tengah, Pada hari Selasa, tanggal 14 Mei 2024, antara pukul 09.00 hingga 10.30 WIB, Bripka Muhammad Rio personil Unit Samapta Polsek SKW Tengah Res SKW melaksanakan patroli. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencegah terjadinya gangguan ketertiban masyarakat (guantibmas) serta kebakaran Hutan Dan Lahan di Kota Singkawang Khususnya di Skw Tengah.

Kapolsek Skw Tengah AKP JAWAWI Melalui BRIPKA MUHAMMAD RIO menuturkan Dalam kegiatan Patroli ini Kami memberikan himbauan dan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat di seputaran Jalan Wonosari Kelurahan Roban, Jalan Pramuka Kelurahan Bukit Batu, dan Jalan Rawasari Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang. Masyarakat diminta untuk selalu waspada terhadap potensi 4C (Curanmor, Curas, Curat, dan Curbis) serta antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, personil juga memberikan himbauan kepada warga yang tinggal di komplek Grand Harmony di Jalan Pramuka Kelurahan Bukit Batu, agar tetap waspada terhadap potensi kejahatan. Patroli dilakukan di beberapa titik strategis, seperti Jalan R.A Kartini, Jalan Trisula, Jalan Pramuka, dan Jalan Rawasari. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga Kota Singkawang khususnya di Kecamatan Singkawang Tengah.

Penulis Ab/Kd78.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Pastikan Arus Lalu Lalu Lintas Yang Aman Dan Lancar Polsek Singkawang Selatan Laksanakan Pengaturan Lalu Lintas di Pagi Hari

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Personil Polsek Singkawang Selatan laksanakan pengaturan arus lalu lintas di sekitaran pasar sekok Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan, Rabu (8/5/2024).

Polsek Singkawang Selatan melaksanakan kegiatan ploting poin guna memastikan arus lalu lintas yang aman dan lancar. Langkah ini diambil sebagai upaya preventif untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas serta kelancaran berlalu lintas.

Dalam kegiatan tersebut, personil Polsek Singkawang Selatan melakukan pengaturan di titik-titik rawan kepadatan dan pelanggaran lalu lintas. Dengan strategi ini, diharapkan dapat memberikan respons cepat terhadap potensi gangguan lalu lintas.

Kapolsek Singkawang Selatan melalui Kanit Samapta Polsek Singkawang Selatan Iptu Dedi mengatakan bahwa kehadiran polisi khususnya Personil Polsek Singkawang Selatan di jalanan pada pagi hari adalah langkah konkret untuk mencegah terjadinya kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan. Masyarakat diimbau untuk patuh terhadap aturan lalu lintas demi terciptanya Kamseltibcarlantas dan keamanan bersama di jalan, tutupnya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Kapolsek dan Kanit Provos Laksanakan Gaktibplin di Polsek Singkawang Barat Polres Singkawang

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Dalam upaya meningkatkan kedisiplinan dan profesionalisme di lingkungan kepolisian khususnya di Polsek Singkawang Barat, Kapolsek bersama Kanit Provos melaksanakan kegiatan Gaktibplin di Polsek Singkawang Barat, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan seluruh anggota kepolisian menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Kapolsek menekankan pentingnya Gaktibplin sebagai bagian dari upaya meningkatkan citra dan kinerja kepolisian di mata masyarakat.

Pelaksanaan Gaktibplin melibatkan pemeriksaan kelengkapan administrasi, sikap tampang, serta kelengkapan perorangan. Kanit Provos menyatakan bahwa pemeriksaan ini dilakukan secara menyeluruh dan berkala untuk memastikan bahwa setiap anggota polisi khususnya Polsek Singkawang Barat siap menjalankan tugasnya dengan baik. “Gaktibplin ini bukan hanya formalitas, tetapi juga upaya konkret dalam membentuk karakter dan integritas setiap anggota,” ujar Kanit Provos Iptu Akhmadi.

Kami ingin memastikan bahwa setiap anggota memahami pentingnya disiplin dalam menjalankan tugas, karena hal ini berdampak langsung pada pelayanan kepada masyarakat,” jelas Kapolsek Akp Ronald Deny Napitupulu, S.H., M.H.

Gaktibplin ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi seluruh anggota Polsek dalam menjaga kedisiplinan dan profesionalisme. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi anggota untuk selalu meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya Gaktibplin yang rutin, Kapolsek berharap Polsek dapat terus memberikan pelayanan yang optimal dan mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Wakapolres Singkawang Hadiri Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Singkawang.

Singkawang, Polda Kalbar- Polres Singkawang, Telah dilaksanakan Kegiatan Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Singkawang tahun keberangkatan 1445 H / 2024 Masehi, bertempat di Basement Kantor Walikota Singkawang Jl. Firdaus H. Rais Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat Kota Singkawang, Selasa (14/5/2024)

Dalam kegiatan pembukaan bimbingan Manasik Haji tingkat kota Singkawang tersebut, dihadiri oleh Pj. Sekda Kota Singkawang Aulia Candra, S.STP, Wakapolres Singkawang KOMPOL Tri Prasetyo, S.I.K.,M.H., Kakanwil kemenag Prov. Kalbar Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I. Kakankemenag Kota Singkawang Drs. H. Muhlis, M.PD., Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Prov. Kalbar H. Kamaludin, M.PD., Kadinkes Kota Singkawang dr. Ahmad Hardin,Sp.PD., Jemaah Haji Kota Singkawang dengan jumlah 113 Orang dan Undangan lainnya.

Dalam Susunan acara kegiatan tersebut diawali dengan Pembukaan oleh Mc, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Tilawatil Quran, Pembacaan Doa, Laporan Kakankemenag Kota Singkawang, Sambutan PJ. Sekda Kota Singkawang, Sambutan Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar sekaligus membuka kegiatan Manasik Haji.

Dalam Laporannya Kakan Kemenag Kota Singkawang Drs. H. Muhlis, M.PD. menuturkan, “Manasik tingkat kecamatan dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dan 8 hari, sudah dilaksanakan yang dilaksanakan di masjid Fastabiqul khoirot dan praktek di Ponpes Ushuludin Singkawang, dan pada pagi hari ini melaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kota dan jumlah jemaah haji sebanyak 113 orang dan pphd 1 orang, yang terdiri dari Jumlah jemaah laki 55 Orang dan Jemaah Perempuan 58 Orang,

“Berdasarkan umur jemaah haji tertua adalah 79 th, dan termuda dengan usia 23 Th, jemaah Kota Singkawang akan bergabung dalam kloter 19 masuk embargasi Batam tanggal 30 Mei 2024 dan berangkat dari Kota Singkawang Tangal 29 Mei 2024, dan kegiatan bimbingan manasik dilaksanakan selama 2 hari, dan Kami mengucapkan terimakasih dari pemkot yang telah memberikan subsidi biaya jamaah Haji sebesar Rp. 3.500.000,- Tuturnya.

Sementara itu Pj. Sekda Kota Singkawang Aulia Candra, S.STP. menuturkan, “Haji itu panggilan, berdasarkan pengalaman, keluarga mampu secara finansial, tapi sampai akhir hayat belum ada panggilan, tapi kita melihat secara realita bahkan ada orang secara finansial tidak mampu tapi Allah memanggil pasti tiba juga di baitullah, karna ini adalah panggilan, saya yakin bapak ibu sudah terbayang di sana,

“Agar jemaah haji tidak berlebihan dalam kegembiraannya (uforia), perhatikan baik – baik keadaan saat berada di makkah agar tidak kebingungan atau tersesat, Untuk saat ini, Kota Singkawang mendapat jatah antrean daftar tunggu 27 tahun mulai saat mendaftar hingga berangkat Haji, namun yakinlah bahwa ibadah haji merupakan panggilan Allah, jika sudah Allah panggil untuk melaksanakan ibadah haji maka insyallah pasti akan berangkat, Tuturnya

Dan Dalam Kesempatan Tersebut Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I., menuturkan, “Terimakasih kepada pemkot singkawang telah membantu terutama Pembangunan dibidang Agama Islam terutama 3 jemaah haji yang disebutkan tadi mendapat subsidi dan diharapkan bisa membantu meringankan biaya yang dibutuhkan jemaah, Kita saling mendoakan terutama untuk Kota Singkawang yang aman dan ramah terutama yang sudah mendunia sebagai kota tertoleran nomor 1 di Indonesia sebanyak 3 kali berturut-turt yang menjaga keharmonisan di negeri ini, Tuturnya

Penulis Humas Polres Singkawang

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Wakapolda Kalbar Pimpin Langsung Rakor Bimteknis Kesiapan Polda Kalbar Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota Tahun 2024

Pontianak, Polda Kalbar_ Bertempat di Hotel Mercure Pontianak Polda Kalbar melaksanakan Rapat Koordinasi dan Bimbingan teknis dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Barat. (Selasa, 14/5/2024)

Kegiatan Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis tersebut dibuka langsung oleh Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.IK., M.Si., dan dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Kalbar, Para Kapolres Jajaran Polda Kalbar serta pejabat utamanya dan Operator, Ketua KPU Provinsi Kalbar M.Syarifudin Budi, S.T, Koordinator Bawaslu Provinsi Kalbar Yosef Harry Suyadi, S.E, Kepala BPK RI Provinsi Kalbar Wahyu Priyono, S.E, M.M, Ak., CA., CSFA, Aspidum Kejati Provinsi Kalbar, Kepala Kesbangpol Provinsi Kalbar Drs. Manto, M.Si., serta Stakeholder terkait lainya.

Dalam sambutannya Wakapolda Kalbar menyampaikan bahwa saat ini telah resmi memasuki masa rangkaian tahapan Pilkada serentak tahun 2024 dan menekankan hal tersebut merupakan perhatian serta prioritas utama.

“Kita saat ini telah resmi memasuki rangkaian tahapan Pilkada serentak tahun 2024 yang secara resmi telah dibuka oleh KPU RI sejak tanggal 26 Januari 2024”

“Segala tahapan dan jadwal terkait penyelenggaraan Pilkada tercantum di dalam peraturan KPU no.2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal tentang pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.”

“Inilah yang menjadi dasar untuk kita pedomani bersama dalam rangka menyusun dan mempersiapkan Pengamanan Pilkada serentak yang tentunya menjadi perhatian dan prioritas utama.” Ungkap Brigjen Pol Roma Hutajulu.

Selain itu Wakapolda juga menyampaikan bahwa Pilkada serentak ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Pemilu serentak Pilpres dan Pileg yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

“Pada dasarnya persiapan pengamanan Pilkada serentak ini tidak jauh berbeda dengan Pemilu serentak Pilpres dan Pileg yang lalu, namun yang menjadi pembeda adalah calon Kepala Daerah ini berasal dari daerah sendiri, atau merupakan Putra Daerah.”

“Sehingga setiap calon tersebut memiliki basis Pendukung dan dengan background tersendiri yang cenderung Fanatik dan membawa isu Primordialisme.”

“Hal tersebut dapat menimbulkan kerawanan tersendiri seperti Politik Identitas, Konflik Sosial, serta histori sengketa sehingga diperlukan antisipasi yang baik .” Lanjut Wakapolda Kalbar.

“Pilkada Kalbar yang pernah menimbulkan unjuk rasa Anarkis dan serta aksi-aksi lainya harus benar-benar diantisipasi dengan baik agar tidak terulang kembali.”

“Oleh karenanya dalam rangka melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024 di Kalimantan Barat, Polda Kalbar akan menggelar Operasi Kepolisian Mantap Praja dengan daerah Operasi meliputi seluruh wilayah Kalimantan Barat demi menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara dan tahapan-tahapan lainya terkait Pilkada Serentak tahun 2024.” tegas Wakapolda Kalbar.

Menutup sambutanya, Wakapolda Kalbar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap semua Pihak yang telah mendukung lancarnya tahapan Pilpres dan Pileg yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

“Saya ucapkan terima kasih terhadap semua Pihak yang telah mendukung lancarnya tahapan Pemilu serentak Pilpres dan Pileg yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.” Tutup Wakapolda Kalbar.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik Personil Humas, Polda Kalbar Hadirkan Jurnalis Antara untuk memberikan Pelatihan Penulisan Berita

Bidhumas Polda Kalbar menghadirkan Ketua AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Kota Pontianak untuk memberikan pelatihan jurnalistik penulisan berita, foto dan video, bagi personil humas Polda dan Polres jajaran.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik personel Humas, Pelatihan ini diikuti oleh personil Bidhumas Polda Kalbar dan Polres jajaran,” kata Kabiidhumas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M. saat membuka kegiatan tersebut di Hotel Alimoer Sungai Raya, Selasa (14/5/2024).

Kombes Pol Raden Petit, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan jurnalistik personel Humas serta mempermudah mereka dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Kami mengadakan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan personel humas, khususnya dalam pembuatan berita dan narasi serta peliputan , sehingga mereka dapat menjalankan tugas dengan lebih mudah dan lancar,” tuturnya.

Kabid Humas juga berharap setelah mengikuti pelatihan ini, para Kasie Humas di tingkat Polres mampu melakukan peliputan dan membuat berita yang lebih baik dan cepat, agar masyarakat bisa segera mendapatkan informasi kegiatan yang dilaksanakan di satuan Polres.

Ketua AJI Pontianak, Rendra Oxtora, S.Pd bertindak sebagai narasumber menekankan pentingnya keterampilan jurnalistik bagi personel Humas dalam menyampaikan informasi kepada publik.

“Humas Polri harus memiliki kemampuan jurnalistik yang baik agar informasi yang disampaikan kepada publik dapat diterima dengan mudah dan dipahami dengan benar,” tuturnya.

Selain itu, Rendra juga memberikan pelatihan tentang teknik penulisan narasi berita yang efektif dan informatif.

Para peserta pelatihan tampak antusias mengikuti sesi ini, dan diharapkan mereka dapat menyampaikan informasi kepada publik dengan lebih efektif dan efisien.

Dalam pelatihan ini, juga dibahas mengenai pemanfaatan teknologi Android dan kecerdasan buatan (AI) dalam pembuatan berita. Dengan memanfaatkan perangkat Android, personel humas dapat lebih cepat mengumpulkan, mengedit, dan menyebarkan berita langsung dari lapangan. Sementara itu, AI dapat membantu dalam menyusun narasi berita yang lebih baik dengan menganalisis data secara cepat dan memberikan rekomendasi penulisan yang efektif.

“Penerapan teknologi Android memungkinkan personel Humas untuk bekerja lebih mobile dan responsif. Sementara itu, AI dapat meningkatkan kualitas berita dengan menyediakan analisis data yang mendalam dan saran penulisan yang efisien,” tambah Rendra yang juga jurnalis di LKBN Antara biro Kalimantan Barat.

Selain Rendra, Polda Kalbar juga menghadirkan Bapak Haryadi, jurnalis dari Pontianak Post yang memberikan pelatihan tentang fotography jurnalistik, serta Bagoes Suhada dari Kompas TV yang memberikan materi tentang pembuatan video. Pungkas Kabid Humas.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Pesan Kamtibmas Disampaikan Saat Bhabinkamtibmas Sambang Warga Binaan

Pontianak, Polda Kalbar – Dalam upaya menjaga kamtibmas selalu kondusif dan aman serta untuk mengetahui situasi dan kondisi terkini yang ada di wilayah binaannya. Sekaligus sebagai sarana silaturahmi dengan berbagai elemen yang ada di masyarakat.

Seperti yang di lakukan Personil Bhabinkamtibmas Tanjung Hilir Polsek Pontianak Timur Polresta Pontianak Bripka Heri Purwanti demi terpeliharanya Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Binaanya, terus melakukan upaya seperti sambang dan dialogis guna memberikan himbauan-himbauan.

Kegiatan sambang warga binaan dan dialog tersebut menurut personel sangat penting dan efektif bisa bertemu langsung dengan warganya sehingga bisa menemukan informasi-informasi yang berkembang di lingkungan masyarakat binaan terkait perkembangan situasi kamtibamas.

Personil Bhabinkamtibmas, pada warga binaan untuk segera melaporkan kepada aparat keamanan terdekat bila mengetahui adanya tindak kejahatan di lingkunganya. Kegiatan sambang warga dan dialog yang dilakukan oleh petugas Bhabinkamtibmas untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat terutama warga binaanya.

Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariyadi.S.I.K.MH, terus memotivasi para Bhabinkamtibmas agar mengoptimalkan imbauan terkait situasi kamtibmas terutama jelang berlangsungnya Pilkada di tahun 2024, kiranya seluruh masyarakat dapat tetap menjaga persaudaraan dan menghormati setiap perbedaan.

“Disamping itu juga dengan keberadaan Bhabinkamtibmas diharapkan dapat memberikan rasa aman serta mengurangi dan meminimalisir adanya pelaku tindak kriminalitas.”pungkasnya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Sat Binmas Polres Landak Bagikan Bansos Kepada Masyarakat Yang Kurang Mampu

Polres Landak ~ Polda Kalbar ~ Sie Humas ~Sat Binmas polres Landak membagikan bantuan sosial kepada masyarakat dirumah Norsiah di Dusun Mungguk, Desa Mungguk, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Sabtu (11/05/2024).

Adapun bantuan sosial berupa sembako yang diberikan yakni gula 2 kg, minyak goreng 2 liter, kecap manis 2 liter, kopi 1 kg, beras 5 kg, dan kue biskuit 2 bungkus.

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan melalui Ps Kanit Bintisos Aipda Suriansyah mengatakan bahwa kegiatan bansos ini dilakukan untuk membantu warga yang betul-betul membutuhkan terutama masyarakat yang kurang mampu dan meringankan beban ekonominya.

“Tujuan utama kami memberikan bantuan sosial berupa sembako yang kami lakukan untuk membantu dan meringankan beban ekonomi warga terutama pada Ibu Norsiah yang kesulitan dalam ekonomi, Semoga bermanfaat melalui bansos sembako ini,” ujar Aipda Suriansyah.

Selain itu, Norsiah juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Polisi yang sudah memberikan bantuan sembako kepadanya dan sangat bersyukur sekali.

“Saya sangat mengucapkan terima kasih karena sudah membantu ekonomi saya melalui pemberian sembako ini, tentunya saya sangat bersyukur atas kebaikan Bapak Polisi yang sudah datang dirumah saya, semoga kebaikannya dibalas oleh Tuhan Yang Mahakuasa dan rejeki dilancarkan,” ungkap Norsiah.

Penulis : Humas Polres Landak

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Demi Sabu dan Judi Slot, Pria di Kubu Raya Lakukan Aksi Pencurian di 11 TKP

TBNEWSPOLRESKUBURAYA.COM, KUBU RAYA – Seorang Pria berinisial DN (23) warga Kabupaten Kubu Raya ditangkap Polisi pada Kamis (02/5/24) dini hari. DN ditangkap karena melakukan Tindak Pidana Pencurian uang dan handphone milik seorang wanita di Asrama PT.Indopan Jalan KH. Abdurrahman Wahid Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Saat ditangkap oleh Tim Lidik Sat Reskrim Polsek Sungai Raya, DN mengaku uang hasil curiannya telah digunakan untuk membeli Narkoba jenis sabu hingga untuk bermain judi slot/online dan sebagian uang haram hasil pencurian tersebut digunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Kapolsek Sungai Raya, AKP Setyo Pramulyanto melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade menerangkan, Korban yang merupakan seorang wanita mengalami kerugian sebesar Rp. 5.000.000,- ( Lima Juta Rupiah), dan saat pelaku ditangkap pihak kepolisian mengamankan satu unit handphone merek Oppo milik korban, sedangkan uang sebesar Rp.2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) yang berada di dalam dompet korban sudah raib.

” Pada saat DN ditangkap di kediamannya yang berlokasi di Kecamatan Sungai Raya petugas tidak menemukan uang, dari pengakuannya, uang tersebut sudah digunakannya untuk membeli sabu serta bermain judi slot/online dan sebagian digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Ade saat dikonfirmasi, Senin (13/5/24).

Ade menerangkan, DN sempat melakukan perlawanan saat hendak ditangkap oleh petugas serta berniat kabur dari jendela kamar rumahnya, namun aksi pelariannya dapat dicegah petugas dan DN berhasil ditangkap.

” DN melakukan perlawanan dengan cara nekat melarikan diri dari jendela rumahnya, namun aksi tersebut dapat di gagalkan oleh petugas dan DN berhasil ditangkap,”bebernya.

Ade mengungkapkan, pelaku melakukan pencurian uang dan handphone milik korban di asrama PT. Indopan dengan cara menaiki dinding asrama, kemudian masuk melalui celah atap selanjutnya melalui plafon pelaku turun ke asrama korban dan mengambil dompet serta handphone, kemudian pelaku keluar dari pintu belakang.

” Kejadian pencurian tersebut terjadi pada Rabu (06/4/24) Pukul 00.00 Wib. Saat DN mengambil dompet yang berisikan uang tunai sebesar Rp. 2.000.000,- dan 1 unit handphone, korban saat itu sedang tertidur pulas, dimana cara DN masuk ke dalam asrama satu atap tersebut dengan cara memanjat dinding asrama, kemudian masuk melalui cela atap, kemudian melalui plafon dan turun ke asrama korban, setelah berhasil mengambil barang berharga korban, DN keluar melalui pintu belakang,”terang Ade.

Ade menambahkan, dari pengakuan pelaku, ia melakukan aksi mecurinya di 11 TKP yang berlokasi di Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, dan saat ini Sat Reskrim Polsek Sungai Raya masih melakukan penyelidikan mendalam.

” Dari pengakuan DN, aksi pencuriannya dilakukan di 11 TKP yang berlokasi di Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, baik itu di rumah kosong maupun ada penghuninya. Sampai saat ini Sat Reskrim Polsek Sungai Raya masih mendalami penyidikan, tidak menutup kemungkinan pelaku ada melakukan perbuatan tindak pidana lain di Kabupaten Kubu Raya,” tegasnya.

Saat ini DN sudah ditetapkan selaku Tersangka dalam Tindak Pidana Pencurian, atas perbuatannya DN dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara.

Penulis : Humas_cpt_ltr
Editor : Aiptu Ade

follow up : web resmi Polres Kubu Raya ( tbnewspolreskuburaya.com)

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com
WhatsApp 08115684456

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.