Sinergi Lintas Sektoral : Kapolsek Singkawang Barat Hadiri Loka Karya Mini UPT Puskesmas

SINGKAWANG, Polda Kalbar-Polres Singkawang, Demi memperkuat kerjasama lintas sektor untuk mengatasi berbagai kendala dalam pelayanan kesehatan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Singkawang Barat Kapolres Singkawang AKBP Fatchur Rochman, S.I.K., M.I.K. yang diwakili oleh Kapolsek Singkawang Barat, Kompol Abdul Mutholib, hadir dalam kegiatan Loka Karya Mini Lintas Sektor Triwulan II yang diselenggarakan oleh UPT Puskesmas Singkawang Barat 1, yang berlangsung di Aula Kantor UPT Puskesmas Singkawang Barat 1, jalan Alianyang, Kecamatan Singkawang Barat. Rabu, (19/6/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Camat Singkawang Barat Lukas Suharyadi, S.Sos, Plh Kepala Dinas Kesehatan & KB Kota Singkawang Eko Susanto, S.T., M.T, Kepala UPT Puskesmas Singkawang Barat 1 Dr. Yosepha Yessi, Subkor Bidang Yankes Dinkes & KB Kota Singkawang Nilasari, S.KM, Panit 1 Binmas Polsek Singkawang Barat Aiptu M. Supardi, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kuala Aipda Anton Ariatna, kader Posyandu, serta para siswa Diktukba Polri SPN Polda Kalbar.

Selama penyampaian materi, beberapa kendala yang dihadapi diidentifikasi, termasuk kebiasaan banyak ibu yang membawa bayinya ke dokter praktek swasta alih-alih ke Puskesmas, sehingga menyulitkan pengumpulan data. Selain itu, dibahas juga mengenai program Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer yang bertujuan meningkatkan edukasi, pengawasan primer dan sekunder, serta kapasitas pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini juga mempunyai peran penting untuk mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut. Salah satu masalah yang dihadapi adalah tingginya tingkat stunting di Kota Singkawang, yang mencapai sekitar 20%, jauh di atas target nasional sebesar 14%. Terkait kinerja bidang kesehatan di wilayah Kecamatan Singkawang Barat yang mana Puskesmas Singkawang Barat 1 telah meraih akreditasi Paripurna, akreditasi tertinggi untuk pelayanan kesehatan. Meskipun demikian, pelayanan yang diberikan masih belum optimal dan dengan adanya loka karya lintas sektoral ini kerjasama serta masukan dari semua pihak untuk meningkatkan kinerja Puskesmas dapat tercapai.

Sehingga diharapkan Puskesmas Singkawang Barat 1 yang meliputi Kelurahan Kuala, Melayu, dan Tengah dapat melaksanakan pelayanan dan memberikan fasilitas kesehatan yang baik kepada masyarakat sehingga kendala seperti kurangnya fasilitas layak untuk Posyandu yang menghambat pelaksanaan imunisasi dapat segera teratasi.(CS)

Penulis : Humas Polres Singkawang.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.